You are here: Home Forum

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Welcome, Guest
Please Login or Register.    Lost Password?
Go to bottomPage: 123
TOPIC: KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN
#37028
kamandaka (User)
Gold Boarder
Posts: 540
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: 1  
Kemampuan ayam aduan sangat tergantung pada kesehatannya. Kondisi kesehatan juga sangat tergantung dari pakan dan minuman yang diberikan kepada ayam aduan. Pemberian pakan yang tepat, dengan demikian, sangat penting untuk diperhatikan.Makanan yang diperlukan oleh ayam aduan datang dari dua sumber, yakni protein dan karbohidrat. Karbohidrat adalah persenyawaan karbon dan hidrogen, seperti pada gula, tepung kanji dan selulose. Protein sendiri merupakan persenyawaan yang mengandung unsur nitrogen, seperti yang ditemukan pada abumin, fibrin, dan caesin yang membentuk jaringan-jaringan pada ayam aduan.Dengan mengetahui komposisinya, kita akan bisa memberikan pakan untuk ayam aduan berdasar mutunya dan bukan pada murah dan mahalnya harga. Banyak penghobi ayam aduan, yang mengorbankan mutu ayam aduan mereka dengan memberi pakan yang asal murah.

Di alam bebas atau di habitat aslinya ayam aduan memakan biji bijian, hijau-hijauan, buah-buahan, dan juga serangga kecil. Pemberian satu jenis pakan saja dapat membuat ayam aduan bosan dan kurang nafsu makan. Akibat pemberian satu jenis pakan untuk jangka panjang adalah ayam aduan akan kekurangan atau kelebihan gizi, vitamin, dan mineral yang penting untuk menunjang kesehatan tubuhnya. Jadi, harus diusahakan memberi ayam aduan dengan menu pakan yang bervariasi.Sebenarnya mencampur pakan sendiri untuk ayam aduan bisa kita lakukan asal kita tahu tentang keperluan ayam aduan dan nilai gizi dari biji-bijian dan semua bahan yang kita pakai. Cara ini bahkan lebih baik, sebab kita dapat membuat campuran yang sesuai dengan keperluan ayam aduan.Ayam aduan yang diternakkan memerlukan protein yang tinggi, ayam aduan muda/lancur memiliki kebutuhan protein yang berbeda dengan ayam aduan yang sdh turun di arena.Begitu pula campuran makananan di musim kemarau berbeda dengan keperluan campuran pakan pada musim penghujan. Ada juga orang yang memberikan pakan dengan cara berbeda, tergantung kebiasaan dan tujuan khusus pemberian pakan dengan cara yang berbeda tersebut.

Banyak penghoby ayam aduan yg kurang memperhatikan kualitas kebersihan pakan,yg akan dimakankan ke ayam piaraannya.Padahal dpt memberikan efek negatip pada performa ayam aduan. Diare terjadi akibat pakan yang kotor, busuk, berjamur, tidak cocok. Cara pencegahannya adalah dengan menghindari pemberian pakan tersebut serta mencuci wadah pakan dan mengeringkannya sebelum menggunakannya kembali. Karenanya pakan ayam aduan sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup, terhindar dari suhu yang panas dan terhindar dari sinar matahari langsung dan juga tempat yg lembab.

Kondisi suhu dan kelembaban yang fluktuatif akan mengakibatkan kandungan nutrisi yang terkandung dalam pakan menurun, terlebih lagi untuk kandungan vitamin maupun protein. Selain itu, kondisi ini akan mengakibatkan serangga bisa berkembang lebih cepat, akibatnya bisa merusak kualitas pakan secara fisik, kimia maupun biologi.Jamur juga dapat tumbuh dengan lebih cepat. Jamur yang mengkontaminasi ini akan mengakibatkan berkurangnya kandungan nutrisi yang terkandung dalam bahan baku. Selain itu, jamur yang telah tumbuh pada ransum atau bahan baku ransum dipastikan akan langsung memproduksi racun, yaitu mikotoksin, seperti halnya aflatoksin, racun yang dihasilkan oleh jamur Aspergillus flavus. Keberadaan jamur bisa dengan mudah dihilangkan dari ransum, namun tidak demikian dengan racun jamur. Saat telah mengkontaminasi pakan, racun jamur ini relatif sulit untuk dihilangkan, baik melalui perlakuan fisik, kimia maupun biologi. Dan efek atau pengaruh racun jamur ini terhadap ayam ialah immunosuppressive atau menekan sistem kekebalan tubuh.

Pencegahannya dgn cara: Wadah pakan dan minum ayam aduan juga harus selalu dibersihkan sehingga tidak menjadi tempat tumbuhnya parasit dan jamur,sanitasi lingkungan kandang/kurungan dan kualitas kebersihan pakan.Dan jangan lupa juga kebersihan botoh/perawat ayam aduan kita.

Sy sendiri mengalami performa ayam aduan yg turun naik,akibat kandang darurat yg sebenarnya tidak layak.Mudah2an pertengahan tahun ini dpt boyongan ke kandang yg baru.

Rekan2,mungkin ada yg dpt berbagi pengalaman dlm topik ini?
 
BE REAL MAN!
The administrator has disabled public write access.
#37030
berlian (User)
Platinum Boarder
Posts: 2614
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: 11  
betul bos pakan harus di selang-seling biar ketahuan si ayam sukanya apa....dan ada faktor cuaca juga yg berpengaruh pada selera makan...makanya kalau beli ayam tanyakan juga perawatanya....pola makanya.....menu makannya...pada dasarnya kita harus ikut ii kamauan ayam bukan ayam mengikuti kemauan yg punya...hehheeee..maaff pemula bos kamandaka ......monggo lainya
 
The administrator has disabled public write access.
#37035
ayamadul (User)
Expert Boarder
Posts: 341
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: -1  
betul bos pakan harus di selang-seling biar ketahuan si ayam sukanya apa....dan ada faktor cuaca juga yg berpengaruh pada selera makan...makanya kalau beli ayam tanyakan juga perawatanya....pola makanya.....menu makannya...pada dasarnya kita harus ikut ii kamauan ayam bukan ayam mengikuti kemauan yg punya...hehheeee..maaff pemula bos kamandaka ......monggo lainya
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
makanan apa tuh bos diselang-seling? emangnya manusia bisa tau seleranya apa?

menurut jenis makanannya, ayam adalah hewan yang termasuk OMNIVORA (memakan segalanya selain manusia) berbeda dengan burung yang sebagian karnivora dan sebagian lain memakan biji2 an.
tentu saja ayam juga memerlukan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.. tetapi kita di zaman sekarang ini sudah bnyak produk pakan ayam instan, sebut saja misal di Sumatera 511, 512, 521,524 dst.. untuk di pulau Jawa A11 dan A12, 592 dan 594.
nah.. didalam makanan tersebut sudah terkandung susunan makanan tersebut secara lengkap plus suplemen, misal lagi 511 untuk pertumbuhan badan (merangsang pertumbuhan) dan 512 untuk keindahan bulu.
bila kita tidak menggunakan produk makanan instan (alami = jagung, padi, kacang dsb) maka kita perlu menambahkan zat vitamin dan protein contoh daging ikan atau daging hewan lainnya yang tentu saja lebih baik jika diolah untuk menghilangkan virus, bakteri atau jamur pada makanan tersebut (kecuali sudah ada produk ayam koki, yang bisa masak sendiri untuk dirinya dan teman2 nya).

menurut artikel dari www.buzzle.com/articles/​chicken-food-poisoning.html....
betul juga kata bung Kamandaka,memang kebersihan alat pakan sangat penting bagi higienisasi ayam..
(terkecuali sudah keluar produk ayam cerdas cadas, yang bisa cuci paruh dan kaki sendiri pake sabun, sekalian cuci tempat makanannya sendiri)
 
The administrator has disabled public write access.
#37041
@te (User)
Fresh Boarder
Posts: 33
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: 0  
Info yg berharga buat pemula seperti saya...
 
The administrator has disabled public write access.
#37044
benis (User)
Gold Boarder
Posts: 533
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male
Re:KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: 1  
ayamadul wrote:
tetapi kita di zaman sekarang ini sudah bnyak produk pakan ayam instan, sebut saja misal di Sumatera 511, 512, 521,524 dst.. untuk di pulau Jawa A11 dan A12, 592 dan 594.
nah.. didalam makanan tersebut sudah terkandung susunan makanan tersebut secara lengkap plus suplemen, misal lagi 511 untuk pertumbuhan badan (merangsang pertumbuhan) dan 512 untuk keindahan bulu.


Saya tidak terlalu paham dengan pakan ayam isntan,
Hanya sedikit tahu kalau 511 itu pakan untuk ayam pedaging.
namun baru tahu kali ini kalau ada pakan 512 untuk keindahan bulu.
 
Mascot Farm - Banjarnegara
Continuously Improve Quality
The administrator has disabled public write access.
#37050
ayamadul (User)
Expert Boarder
Posts: 341
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: -1  
itu produksi Medan - tanjung Morawa om Benis..
pakan yang dijual disini (Aceh-Medan) banyak menggunakan 511 untuk ayam umur dibawah 3 minggu dan 512 untuk ayam umur 3 mingguan ke atas.. nanti saya pulang kantor saya coba tanya kawan yang kerja di pabrik apa kandungannya..
 
The administrator has disabled public write access.
#37384
setanrooster (User)
Teddy Kurniawan
Platinum Boarder
Posts: 1739
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male tedkurniawan tedkurniawan Location: Jakarta Birthdate: 1977-03-17
Re:KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: 2  
kamandaka wrote:
Kemampuan ayam aduan sangat tergantung pada kesehatannya. Kondisi kesehatan juga sangat tergantung dari pakan dan minuman yang diberikan kepada ayam aduan. Pemberian pakan yang tepat, dengan demikian, sangat penting untuk diperhatikan.Makanan yang diperlukan oleh ayam aduan datang dari dua sumber, yakni protein dan karbohidrat. Karbohidrat adalah persenyawaan karbon dan hidrogen, seperti pada gula, tepung kanji dan selulose. Protein sendiri merupakan persenyawaan yang mengandung unsur nitrogen, seperti yang ditemukan pada abumin, fibrin, dan caesin yang membentuk jaringan-jaringan pada ayam aduan.Dengan mengetahui komposisinya, kita akan bisa memberikan pakan untuk ayam aduan berdasar mutunya dan bukan pada murah dan mahalnya harga. Banyak penghobi ayam aduan, yang mengorbankan mutu ayam aduan mereka dengan memberi pakan yang asal murah.

Di alam bebas atau di habitat aslinya ayam aduan memakan biji bijian, hijau-hijauan, buah-buahan, dan juga serangga kecil. Pemberian satu jenis pakan saja dapat membuat ayam aduan bosan dan kurang nafsu makan. Akibat pemberian satu jenis pakan untuk jangka panjang adalah ayam aduan akan kekurangan atau kelebihan gizi, vitamin, dan mineral yang penting untuk menunjang kesehatan tubuhnya. Jadi, harus diusahakan memberi ayam aduan dengan menu pakan yang bervariasi.Sebenarnya mencampur pakan sendiri untuk ayam aduan bisa kita lakukan asal kita tahu tentang keperluan ayam aduan dan nilai gizi dari biji-bijian dan semua bahan yang kita pakai. Cara ini bahkan lebih baik, sebab kita dapat membuat campuran yang sesuai dengan keperluan ayam aduan.Ayam aduan yang diternakkan memerlukan protein yang tinggi, ayam aduan muda/lancur memiliki kebutuhan protein yang berbeda dengan ayam aduan yang sdh turun di arena.Begitu pula campuran makananan di musim kemarau berbeda dengan keperluan campuran pakan pada musim penghujan. Ada juga orang yang memberikan pakan dengan cara berbeda, tergantung kebiasaan dan tujuan khusus pemberian pakan dengan cara yang berbeda tersebut.

Banyak penghoby ayam aduan yg kurang memperhatikan kualitas kebersihan pakan,yg akan dimakankan ke ayam piaraannya.Padahal dpt memberikan efek negatip pada performa ayam aduan. Diare terjadi akibat pakan yang kotor, busuk, berjamur, tidak cocok. Cara pencegahannya adalah dengan menghindari pemberian pakan tersebut serta mencuci wadah pakan dan mengeringkannya sebelum menggunakannya kembali. Karenanya pakan ayam aduan sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup, terhindar dari suhu yang panas dan terhindar dari sinar matahari langsung dan juga tempat yg lembab.

Kondisi suhu dan kelembaban yang fluktuatif akan mengakibatkan kandungan nutrisi yang terkandung dalam pakan menurun, terlebih lagi untuk kandungan vitamin maupun protein. Selain itu, kondisi ini akan mengakibatkan serangga bisa berkembang lebih cepat, akibatnya bisa merusak kualitas pakan secara fisik, kimia maupun biologi.Jamur juga dapat tumbuh dengan lebih cepat. Jamur yang mengkontaminasi ini akan mengakibatkan berkurangnya kandungan nutrisi yang terkandung dalam bahan baku. Selain itu, jamur yang telah tumbuh pada ransum atau bahan baku ransum dipastikan akan langsung memproduksi racun, yaitu mikotoksin, seperti halnya aflatoksin, racun yang dihasilkan oleh jamur Aspergillus flavus. Keberadaan jamur bisa dengan mudah dihilangkan dari ransum, namun tidak demikian dengan racun jamur. Saat telah mengkontaminasi pakan, racun jamur ini relatif sulit untuk dihilangkan, baik melalui perlakuan fisik, kimia maupun biologi. Dan efek atau pengaruh racun jamur ini terhadap ayam ialah immunosuppressive atau menekan sistem kekebalan tubuh.

Pencegahannya dgn cara: Wadah pakan dan minum ayam aduan juga harus selalu dibersihkan sehingga tidak menjadi tempat tumbuhnya parasit dan jamur,sanitasi lingkungan kandang/kurungan dan kualitas kebersihan pakan.Dan jangan lupa juga kebersihan botoh/perawat ayam aduan kita.

Sy sendiri mengalami performa ayam aduan yg turun naik,akibat kandang darurat yg sebenarnya tidak layak.Mudah2an pertengahan tahun ini dpt boyongan ke kandang yg baru.

Rekan2,mungkin ada yg dpt berbagi pengalaman dlm topik ini?


Kunjungan kemarin sih, ayam di thailand kasih makannya ga ribet mas (ternak dan yang rawatan adu)...sama aja ama ayam2 di Indonesia. Itu yang saya lihat loh yah...
 
Everyone deserves to have great roosters!
The administrator has disabled public write access.
#37388
joko_santoso (User)
Platinum Boarder
Posts: 1574
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: 0  
Betul bang, pemberian pakan perlu diberikan bervariasi, cuma kadang aku itu juga heran melihat ayam kampung tetangga itu cari makan sendiri disampah dan selokan ndak pernah dikasih makan sama yg punya, tapi kondisinya sehat2 saja bahkan tidurnya di atas pohon, kehujanan malam2 tapi tetap sehat..
Bahkan pernah tak tarungkan berkali2 dengan jago saya tetap gesit saja..
Apakah ini yg namanya naluri alamiah hewan...
 
Kucinta Produk Lokal dan ternak lokal
The administrator has disabled public write access.
#37396
davidtua (User)
Platinum Boarder
Posts: 1598
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: 0  
ayam ternakan Thailan vs Indonesia

1. kata om setan, pakan sama
2. pacek + indukan sama (sama2 di impor dari Thailan)
3. obat2an, vitamin sama

kalo semua sama, trus kenapa bisa sering menghasillkan kualiatas produk yg berbeda ?
 
The administrator has disabled public write access.
#37397
krotokristal (User)
Gold Boarder
Posts: 726
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:KUALITAS PAKAN AYAM ADUAN 3 Years, 4 Months ago Karma: 1  
kalau di thailand untuk anak ayam sampai 6 bln pakai voer punya charoenpokphand atau merk lain sama dengan kita setelah itu gabah kering ditambah jamu kita sebut kamlang basah atau kering, yg beda cara air aja dithailand ditempel diseluruh tubuh jadi benar2 basah.cd cara perawatan sambung paruh,bulu saya uda dapat nanti untuk bonus media ayam ke 10.tks.
 
The administrator has disabled public write access.
Go to topPage: 123