You are here: Home Forum

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Welcome, Guest
Please Login or Register.    Lost Password?

Induk betina mengerami tdk menetas
(1 viewing) (1) Guest
Go to bottomPage: 12
TOPIC: Induk betina mengerami tdk menetas
#35899
jisdarmanto (User)
Fresh Boarder
Posts: 12
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Induk betina mengerami tdk menetas 3 Years, 6 Months ago Karma: 0  
saya punya masalah dengan induk betina saya kemarin waktu mengerami telur sebanyak 12 bh tdk jadi semua
apa sebabnya? tp pd waktu mengeram sebelum nya menetas
pad waktu mau bertelur betina saya umbar bebas dengan pejantan tak kasih makan jagung & makanan yg bergizi
mohon solusi dari teman2 semua
 
The administrator has disabled public write access.
#35918
antoxlumajang (User)
Expert Boarder
Posts: 495
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Induk betina mengerami tdk menetas 3 Years, 6 Months ago Karma: 2  
saya pernah ngalami mas tapi betina saya udah tua bgt..jadi tiap nelur saya titipkan ke ayam laen dan netas wlopun g 100%..
mgkn berguna
 
The administrator has disabled public write access.
#35960
sonni natakusuma (User)
Fresh Boarder
Posts: 18
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Induk betina mengerami tdk menetas 3 Years, 6 Months ago Karma: 0  
Coba bentuk tempat ngeramnya, mas...kata nenek saya harus seperti parabola, dibuat melengkung atau setengah parabola , dan kalau bisa pakai "Serai", yang sudah kering....soalnya kutu, dan lainnya gak suka bau dari daun serai tersebut
 
The administrator has disabled public write access.
#35966
jisdarmanto (User)
Fresh Boarder
Posts: 12
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Induk betina mengerami tdk menetas 3 Years, 6 Months ago Karma: 0  
matur nuwun atas info nya mas
 
The administrator has disabled public write access.
#35967
davidtua (User)
Platinum Boarder
Posts: 1598
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Induk betina mengerami tdk menetas 3 Years, 6 Months ago Karma: 0  
jisdarmanto wrote:
saya punya masalah dengan induk betina saya kemarin waktu mengerami telur sebanyak 12 bh tdk jadi semua
apa sebabnya? tp pd waktu mengeram sebelum nya menetas
pad waktu mau bertelur betina saya umbar bebas dengan pejantan tak kasih makan jagung & makanan yg bergizi
mohon solusi dari teman2 semua


jangan ditanya disini apa sebabnya, karena yg musti tau sebabnya adalah om jisdarmanto sendiri.........kan itu ayam om & kesehariannya ayam betina itu om yg tau


kasus2 ayam gak netas, kata orang sunda karena ada gempa waktu ngeraminnya
kasus yg pernah saya alami, ayam betina itu waktu turun nyari makan sempat terperosok dlm got yg ada airnya....mungkin waktu naik tarangan bulu2nya blom kering

intinya, kalo ayam betina normal dikawinkan normal dgn pejantan normal = pasti akan netas telurnya
kalo gak netas telurnya pasti ada kesalahan & kesalahan itu bisa disebabkan banyak macam......dan yg bisa tau apa kesalahannya mustinya yg empunya ayam
 
The administrator has disabled public write access.
#35969
Arei (User)
Platinum Boarder
Posts: 1196
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Induk betina mengerami tdk menetas 3 Years, 6 Months ago Karma: 2  
Salam bro semua...
mungkin saya mau memperjelas yang di sampaikan teman2 di atas...
ada dua cara dalam menentukan alur masalah kenapa babon tidak menetas...
setelah lebih dari 23hari( ayam mengeram 21hari) jika telur tidak menetas maka harus bro ambil salah satu telur dan dibuka isi nya..
1. jika masih bening telurnya maka dapat dipastikan proses perkawinannya gagal sehingga perlu dibantu seperti didodokan(ttp harus dilihat apakah sperma jantan masuk dlm ayam babon??) hingga sperma masuk dengan sempurna...
2. Jika telur ada gumpalan darah besar maupun yang sudah jadi bentuk bayi ayam, dpt dipastikan kesalahan pada proses pengeraman.. sehingga babon seperti ini tidak dapat mengerami telur( diajari mengerami telur dg jumlah yang sedikit dulu 3-5biji telur) dengan jumlah yang banyak..

ada pula kasus 1 dan 2 di atas terjadi bersamaan.. bagai mana kita mengantisipasi nya???
1. telur yang berumur diatas 5hari disenter di tempat gelap( senter dengan modifikasi khusus) jika ada gumpalan hitam maka telur dibuahi oleh pejantan dan jika telur tidak berwarna maka telur di ambil aja untuk di konsumsi...

2. ada pula botoh yang mencelupkan telur berumur diatas 7hari di air( hanya yang mengerti saja dan pernah mengalami saja) maka telur yang di buahi akan mengambang tapi tak muncul di dalam air dan bergetar seperti hidup..
jika mengambang di permukaan air dan tidak bergetar maka dapat dipastikan 95% telur tidak akan menetas..

Thx u atas perhatiannya...
Peace Bro...
 
The administrator has disabled public write access.
#35973
YOB (User)
Platinum Boarder
Posts: 2101
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Induk betina mengerami tdk menetas 3 Years, 6 Months ago Karma: 15  
Yang disampaikan diatas benar semua, cuma pertanyaan saya , pejantan masih tangguh Tdk? dlm hal ini usia pejantan,

sering tdk dikonsumsi obat2 bahan kimia, banyak kasus ayam juara tdk meninggalkan keturunan, mungkin seperma

lemah, atau pejantan mandul diakibatkan banyaknya mengkonsumsi obat2tan dan organ tubuh tdk sempurna lagi

akibat seringnya menerima hantaman, ini juga cuma dugaan saja hehe , salam
 
The administrator has disabled public write access.
#35996
cimahpar (User)
Gold Boarder
Posts: 962
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Induk betina mengerami tdk menetas 3 Years, 5 Months ago Karma: 4  
mungkin mas terlalu berharap anaknya jadi semua..hehe..
coba aja mas, jangan terlalu diharapkan..
yang dicuekin biasanya malah jadi..
mhn ampun, tuliasan saya gak nyambung..
 
The administrator has disabled public write access.
#41696
agustus (User)
Senior Boarder
Posts: 139
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Induk betina mengerami tdk menetas 3 Years, 4 Months ago Karma: 0  
biasanya ada beberapa penyebab diantaranya :
1. tempat bertelur sering dipindah2
2. suhu tubuh ayam tidak memadai disebabkan kondisi ayam yg kurang fit saat mengeram
3. suhu udara yg terlalu dingin karena musim hujan
 
The administrator has disabled public write access.
#76079
hayam_jagau (User)
AKU CUMA SEORANG PETERNAK KERE
Platinum Boarder
Posts: 1594
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male Location: Kandang : 1. Desa kahakan kab H.S.T, KAL-SEL.  2. Birthdate: 0001-08-25
Re:Induk betina mengerami tdk menetas 2 Years, 6 Months ago Karma: 5  
babon sy akhir2 ini daya tetasnya rendah sekali, bahkan ada yg bertelur 10, diperiksa pake senter ternyata telur yg fertil cuma satu..kesimpulan sy tdk terjadi pembuahan, berarti yg bermasalah paceknya.
babon dan pacek terlihat cukup sehat. Hanya saja waktu kawin dodog sperma yg tercecer terlihat bening..yg normalnya kan agak keruh kayak susu encer.
Sebelum2nya pacek ini normal aja, anakannya juga sdh banyak. Baik pakan maupun perawatan tetap seperti biasa.
Saya curiga masalah ini akibat ayam2 sy makan rumput tetangga dekat kandang yg disemprot herbisida...karena ayam sy umbar bebas.
Sekarang sedang dicoba pemberian kecambah kacang hijau..dan juga jamu ayam produksi mbah gober madiun.
Adakah saran lain agar pacek sy cepat normal kembali..?
Tks.
 
"TERNAK AYAM ADUAN LOKAL TRAH GADO2 CAMPUR ADUK : BANGKOK, BURMA BANGKOK, PAMA CROSSING DAN SAIGON BANGKOK"
Kandang : Desa Hantakan & Desa Kahakan, Barabai, KAL-SEL.
HP : 085251704477 / 082262887788
The administrator has disabled public write access.
Go to topPage: 12