You are here: Home Forum

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Welcome, Guest
Please Login or Register.    Lost Password?

WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR
(1 viewing) (1) Guest
Go to bottomPage: 1...12131415161718...20
TOPIC: WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR
#90496
bucek (User)
Platinum Boarder
Posts: 2857
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: 15  
sapari wrote:
aji2008 wrote:
Walaupun Birma benar-benar di gulung tikar seperti statement mas Untung, saya secara pribadi masih yakin kalau ayam laga harus ada darah birmanya (maaf ini pendapat pribadi), karena saya merasa darah Burma masih yang terbaik he he he he....ngeyel boleh dong...

Salam Hangat,

aji KBF


sipp pak aji,
btw saya nanya sekalian(pak untung,pak berlian,pak aji, pak iwan, pak bucek,dan pak pak yg lain), tentang PAKHOY yg katanya penawar birma ga di sebut blas hehehe(yahhh pakoy lagi deh hehe) kata pak bucek pakhoy adalah style, brarti bukan trah asli/gen induk/pure/f0, tp di jateng jakarta, mungkin di sumatra pakhoy adalah trah original F0/ pure yg bisa diperanak pinakan, spt pilipin,burma,ayam jawa, saigon, bk,ayam potong,ayam horn
di tread lawas pakhoy kata pak ketua PPAI di sana(thai) sendiri pakhoy amat sulit di temukan.
apa peternak thai bego yah? koq pinteran INDO bisa ciptain F0 trah gen induk.?
tp mas aptanto wss (sby) menyebut pakhoy dan pakhoe berbeda... makin bingun saya, apa kayak saigon dgn vietnam, birma dgn burma, bk dgn siam??
biar passs... tp jgn terlalu diperdebatkan mslh label, kembali lg ke pemilik suka suka ngasi label, tak liat di youtube banyak pakoy di acara papaji ga ada pukul badan sama sekali/anjing gila, main standar BK, brarti bukan style, brarti trah??

salam bingun dari org kuper hehheheee

mengacu dari info pak Hartono ttg pakhoy yg sering mandir mondar ke Thailan & melihat fenomena istilah pakhoy yg marak diindonesia, saya cuma mengambil jalan tengah (yg blom tentu benar, tapi mudah2an diterima)

istilah pakhoy adalah istilah original luar, yg entah apa namanya (disini kita kita menangkapnya sebagai pemukul setan, trah ciptaan orang2 Thailan selatan, penangkal burma dll) istilah itu kemudian diindonesia dijibplak (disadur) yg kepopulerannya melebihi negara2 pencipta istilah tsb

pak Hartono bilang disana susah, tapi disini marak dan banyak peternak2 yg terang2an mengklaim memiliki trah tsb & berhasil mengembangkannya disini, dari video2 yg mereka tampilkan hampir semua menampilkan ayam ketip bulu, pukul jorok, model cangkul dll, supaya tidak berlarut2 di Al.Com saya mengistilahkan pakhoy sebagai style (gaya tarung) sekali lagi, pendapat saya blom tentu benar tapi mudah2an diterima
 
The administrator has disabled public write access.
#90497
THUNDER_GUNS (User)
Gold Boarder
Posts: 698
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: 1  
sip..sip
 
The administrator has disabled public write access.
#90499
jokolelur64@yahoo.com (User)
Gold Boarder
Posts: 792
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male Location: weleri Birthdate: 2020-08-01
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: -1  
bucek wrote:
sapari wrote:
aji2008 wrote:
Walaupun Birma benar-benar di gulung tikar seperti statement mas Untung, saya secara pribadi masih yakin kalau ayam laga harus ada darah birmanya (maaf ini pendapat pribadi), karena saya merasa darah Burma masih yang terbaik he he he he....ngeyel boleh dong...

Salam Hangat,

aji KBF


sipp pak aji,
btw saya nanya sekalian(pak untung,pak berlian,pak aji, pak iwan, pak bucek,dan pak pak yg lain), tentang PAKHOY yg katanya penawar birma ga di sebut blas hehehe(yahhh pakoy lagi deh hehe) kata pak bucek pakhoy adalah style, brarti bukan trah asli/gen induk/pure/f0, tp di jateng jakarta, mungkin di sumatra pakhoy adalah trah original F0/ pure yg bisa diperanak pinakan, spt pilipin,burma,ayam jawa, saigon, bk,ayam potong,ayam horn
di tread lawas pakhoy kata pak ketua PPAI di sana(thai) sendiri pakhoy amat sulit di temukan.
apa peternak thai bego yah? koq pinteran INDO bisa ciptain F0 trah gen induk.?
tp mas aptanto wss (sby) menyebut pakhoy dan pakhoe berbeda... makin bingun saya, apa kayak saigon dgn vietnam, birma dgn burma, bk dgn siam??
biar passs... tp jgn terlalu diperdebatkan mslh label, kembali lg ke pemilik suka suka ngasi label, tak liat di youtube banyak pakoy di acara papaji ga ada pukul badan sama sekali/anjing gila, main standar BK, brarti bukan style, brarti trah??

salam bingun dari org kuper hehheheee

mengacu dari info pak Hartono ttg pakhoy yg sering mandir mondar ke Thailan & melihat fenomena istilah pakhoy yg marak diindonesia, saya cuma mengambil jalan tengah (yg blom tentu benar, tapi mudah2an diterima)

istilah pakhoy adalah istilah original luar, yg entah apa namanya (disini kita kita menangkapnya sebagai pemukul setan, trah ciptaan orang2 Thailan selatan, penangkal burma dll) istilah itu kemudian diindonesia dijibplak (disadur) yg kepopulerannya melebihi negara2 pencipta istilah tsb

pak Hartono bilang disana susah, tapi disini marak dan banyak peternak2 yg terang2an mengklaim memiliki trah tsb & berhasil mengembangkannya disini, dari video2 yg mereka tampilkan hampir semua menampilkan ayam ketip bulu, pukul jorok, model cangkul dll, supaya tidak berlarut2 di Al.Com saya mengistilahkan pakhoy sebagai style (gaya tarung) sekali lagi, pendapat saya blom tentu benar tapi mudah2an diterima

kesimpulanya, para peternak kita sudah bisa mengembangan trah tsb ya pak bro....
 
The administrator has disabled public write access.
#90514
sapari (User)
Surabaya
Expert Boarder
Posts: 394
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male saparifarm.com Location: saparifarm.com Birthdate: 2011-07-17
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: 2  
bucek wrote:
sapari wrote:
aji2008 wrote:
Walaupun Birma benar-benar di gulung tikar seperti statement mas Untung, saya secara pribadi masih yakin kalau ayam laga harus ada darah birmanya (maaf ini pendapat pribadi), karena saya merasa darah Burma masih yang terbaik he he he he....ngeyel boleh dong...

Salam Hangat,

aji KBF


sipp pak aji,
btw saya nanya sekalian(pak untung,pak berlian,pak aji, pak iwan, pak bucek,dan pak pak yg lain), tentang PAKHOY yg katanya penawar birma ga di sebut blas hehehe(yahhh pakoy lagi deh hehe) kata pak bucek pakhoy adalah style, brarti bukan trah asli/gen induk/pure/f0, tp di jateng jakarta, mungkin di sumatra pakhoy adalah trah original F0/ pure yg bisa diperanak pinakan, spt pilipin,burma,ayam jawa, saigon, bk,ayam potong,ayam horn
di tread lawas pakhoy kata pak ketua PPAI di sana(thai) sendiri pakhoy amat sulit di temukan.
apa peternak thai bego yah? koq pinteran INDO bisa ciptain F0 trah gen induk.?
tp mas aptanto wss (sby) menyebut pakhoy dan pakhoe berbeda... makin bingun saya, apa kayak saigon dgn vietnam, birma dgn burma, bk dgn siam??
biar passs... tp jgn terlalu diperdebatkan mslh label, kembali lg ke pemilik suka suka ngasi label, tak liat di youtube banyak pakoy di acara papaji ga ada pukul badan sama sekali/anjing gila, main standar BK, brarti bukan style, brarti trah??

salam bingun dari org kuper hehheheee

mengacu dari info pak Hartono ttg pakhoy yg sering mandir mondar ke Thailan & melihat fenomena istilah pakhoy yg marak diindonesia, saya cuma mengambil jalan tengah (yg blom tentu benar, tapi mudah2an diterima)

istilah pakhoy adalah istilah original luar, yg entah apa namanya (disini kita kita menangkapnya sebagai pemukul setan, trah ciptaan orang2 Thailan selatan, penangkal burma dll) istilah itu kemudian diindonesia dijibplak (disadur) yg kepopulerannya melebihi negara2 pencipta istilah tsb

pak Hartono bilang disana susah, tapi disini marak dan banyak peternak2 yg terang2an mengklaim memiliki trah tsb & berhasil mengembangkannya disini, dari video2 yg mereka tampilkan hampir semua menampilkan ayam ketip bulu, pukul jorok, model cangkul dll, supaya tidak berlarut2 di Al.Com saya mengistilahkan pakhoy sebagai style (gaya tarung) sekali lagi, pendapat saya blom tentu benar tapi mudah2an diterima


masuk pak... pak iwan pak untung pak pak yg lain sbg yang PRO selalu menyebut pakoy ketika sudah di ring/arena, beda dgn org kuper kayak saya. dan mungkin skrg lebih tren pakoy drpd anjing gila, brakot, rangkok , pukul badan karena lebih selling, dan harusnya bukan org tahiland selatan, ayam brakot/rangkok/anjing gila/pukul badan dari dahulu sudah ada, mungkin karena skrg ada burma ada pakoy jadi cari nama yg lebih selling, makanya tak usah terlalu di perdebatkan, suka suka yg jualan. tapi kemudian akan menjadi sedikit berbahaya jika bertemu org awam/baru/kuper spt saya, asal yg jualan kasi nama pakoy brapa juta ga ngurusss beli tu pakoy yg penting gambar garang!!!!(setiba drumah lha koq ngalung2 sambil cari cacing)
sama dgn magon 300ribu ada, magon 40juta ada, tp yg mana yg bisa berbicara di arena.

kesimpulanya, para peternak kita sudah bisa mengembangan trah tsb ya pak bro.... ?
saya tak terburu-buru, bagemanapun peternak thai lebih serius karena di dukung goverment,
kalo ganti sebutan dr ayam mbrakot jd pakoy BOLEH,(ngawur . com)
 
The administrator has disabled public write access.
#90517
bucek (User)
Platinum Boarder
Posts: 2857
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: 15  
banyak istilah2 barat, arab, sangsengkerta yg disadur menjadi bahasa indonesia resmi, banyak juga istilah prokem mereka yg kita sadur menjadi bahasa prokem disini

anggab saja pakhoy itu istilah prokem disana yg kita sadur untuk mengistilahkan sesuatu yg "begini" disini
 
The administrator has disabled public write access.
#90520
aji2008 (User)
Gold Boarder
Posts: 597
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: 1  
jokolelur64@yahoo.com wrote:
bucek wrote:
sapari wrote:
aji2008 wrote:
Walaupun Birma benar-benar di gulung tikar seperti statement mas Untung, saya secara pribadi masih yakin kalau ayam laga harus ada darah birmanya (maaf ini pendapat pribadi), karena saya merasa darah Burma masih yang terbaik he he he he....ngeyel boleh dong...

Salam Hangat,

aji KBF


sipp pak aji,
btw saya nanya sekalian(pak untung,pak berlian,pak aji, pak iwan, pak bucek,dan pak pak yg lain), tentang PAKHOY yg katanya penawar birma ga di sebut blas hehehe(yahhh pakoy lagi deh hehe) kata pak bucek pakhoy adalah style, brarti bukan trah asli/gen induk/pure/f0, tp di jateng jakarta, mungkin di sumatra pakhoy adalah trah original F0/ pure yg bisa diperanak pinakan, spt pilipin,burma,ayam jawa, saigon, bk,ayam potong,ayam horn
di tread lawas pakhoy kata pak ketua PPAI di sana(thai) sendiri pakhoy amat sulit di temukan.
apa peternak thai bego yah? koq pinteran INDO bisa ciptain F0 trah gen induk.?
tp mas aptanto wss (sby) menyebut pakhoy dan pakhoe berbeda... makin bingun saya, apa kayak saigon dgn vietnam, birma dgn burma, bk dgn siam??
biar passs... tp jgn terlalu diperdebatkan mslh label, kembali lg ke pemilik suka suka ngasi label, tak liat di youtube banyak pakoy di acara papaji ga ada pukul badan sama sekali/anjing gila, main standar BK, brarti bukan style, brarti trah??

salam bingun dari org kuper hehheheee

mengacu dari info pak Hartono ttg pakhoy yg sering mandir mondar ke Thailan & melihat fenomena istilah pakhoy yg marak diindonesia, saya cuma mengambil jalan tengah (yg blom tentu benar, tapi mudah2an diterima)

istilah pakhoy adalah istilah original luar, yg entah apa namanya (disini kita kita menangkapnya sebagai pemukul setan, trah ciptaan orang2 Thailan selatan, penangkal burma dll) istilah itu kemudian diindonesia dijibplak (disadur) yg kepopulerannya melebihi negara2 pencipta istilah tsb

pak Hartono bilang disana susah, tapi disini marak dan banyak peternak2 yg terang2an mengklaim memiliki trah tsb & berhasil mengembangkannya disini, dari video2 yg mereka tampilkan hampir semua menampilkan ayam ketip bulu, pukul jorok, model cangkul dll, supaya tidak berlarut2 di Al.Com saya mengistilahkan pakhoy sebagai style (gaya tarung) sekali lagi, pendapat saya blom tentu benar tapi mudah2an diterima

kesimpulanya, para peternak kita sudah bisa mengembangan trah tsb ya pak bro....


Kalau mengembangkan sudah lama mas, 2 th yang lalu saya pernah ambilkan Pakhoe pesanan mas Didit Gondang dari kawan saya, mungkin anaknya sekarang sudah ratusan, kemudian setengah tahun kemudian saya juga ambil pejantan Pakhoe untuk ternak , cuma mati kena wabah dengan meninggalkan 3 pasang anak saja....

Kalau pendapat saya, istilah Pakhoe, Burma, Saigon itu tidak ada hubungannya dengan kualitas..istilah ini hanya untuk memudahkan kita untuk mengetahui atau memperkirakan gaya seekor ayam. contoh misalnya orang bercerita tentang ayam BK ( bayangan saya adalah ayam yang bermain dengan indah, nyayap, mancing, dsb) kemudian kalau orang cerita tentang Burma(gambarannya adalah ayam nampar dengan pukulkan sakit, cepat) orang cerita mengenai ayam Saigon (gambarannya ayam dengan pukulan Bom, daya tahan bagus, tapi lambat) Pakhoe(ketip bulu, pukul badan) dan sebagainya...tapi yang perlu diingat, tetap sejauh mana kualitas ayam tersebut? apakah ada ayam Burma yang bisa mengalahkan Pakhoe? tentu jawabnya ada. Apakah ada ayam Bangkok yang mengalahkan Magon? tentu saja ada.... Hal ini juga bisa memudahkan saya sebagai peternak, misalnya ada pembeli mencari ayam Burma, gambaran kita yang di cari adalah ayam nampar, cepat, pukulan jahat, atau orang mencari ayam pakhoe, kita langsung tahu, pasti yang dimaksud pembeli adalah ayam ketip bulu pukul badan...mengenai kualitas itu cerita lain.

Salam Hangat,

aji KBF
 
The administrator has disabled public write access.
#90521
bucek (User)
Platinum Boarder
Posts: 2857
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: 15  
jokolelur64@yahoo.com wrote:

kesimpulanya, para peternak kita sudah bisa mengembangan trah tsb ya pak bro....


kalo pakhoy diThailan diartikan sebagai ayam model anjing gila, pacul, brakot pasti pak hartono gak mungkin bilang susah dicari, disini saja bejibum (pasti ada sesuatu dari yg namanya pakhoy tsb sehingga susah dicari )

jadi kalo dibilang orang indonesia sudah bisa mengembangkan trah pakhoy, kayaknya blom pas karena pakhoy itu seperti apa kita masih rancu, jadi yg dikembangkan di indonesia adalah pakhoy fersi arti indonesia yaitu ayam ketip bulu, pacul, brakot dll

kalo pakhoy fersi Thailan sepertinya blom dikembangkan disini (di Thalan saja susah kembanginya

catatan
itu kalo kita menarik garis tengah antara pakhoy yg susah dicari di Thailan & pakhoy yg bejibum disini
 
The administrator has disabled public write access.
#90522
aji2008 (User)
Gold Boarder
Posts: 597
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: 1  
bucek wrote:
jokolelur64@yahoo.com wrote:

kesimpulanya, para peternak kita sudah bisa mengembangan trah tsb ya pak bro....


kalo pakhoy diThailan diartikan sebagai ayam model anjing gila, pacul, brakot pasti pak hartono gak mungkin bilang susah dicari, disini saja bejibum (pasti ada sesuatu dari yg namanya pakhoy tsb sehingga susah dicari )

jadi kalo dibilang orang indonesia sudah bisa mengembangkan trah pakhoy, kayaknya blom pas karena pakhoy itu seperti apa kita masih rancu, jadi yg dikembangkan di indonesia adalah pakhoy fersi arti indonesia yaitu ayam ketip bulu, pacul, brakot dll

kalo pakhoy fersi Thailan sepertinya blom dikembangkan disini (di Thalan saja susah kembanginya

catatan
itu kalo kita menarik garis tengah antara pakhoy yg susah dicari di Thailan & pakhoy yg bejibum disini


Kalau untuk sekarang darah Khoe sudah banyak mas, untuk ayam import yang masuk lewat kapal sayur dari Thailand ke Medan, Tanjung Balai, Dumai dsb saja lebih banyak darah Khoe dari pada Burma Original, atau Saigon Original.

Salam Hangat,

aji KBF
 
The administrator has disabled public write access.
#90523
bucek (User)
Platinum Boarder
Posts: 2857
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: 15  
aji2008 wrote:


Kalau mengembangkan sudah lama mas, 2 th yang lalu saya pernah ambilkan Pakhoe pesanan mas Didit Gondang dari kawan saya, mungkin anaknya sekarang sudah ratusan, kemudian setengah tahun kemudian saya juga ambil pejantan Pakhoe untuk ternak , cuma mati kena wabah dengan meninggalkan 3 pasang anak saja....

Kalau pendapat saya, istilah Pakhoe, Burma, Saigon itu tidak ada hubungannya dengan kualitas..istilah ini hanya untuk memudahkan kita untuk mengetahui atau memperkirakan gaya seekor ayam. contoh misalnya orang bercerita tentang ayam BK ( bayangan saya adalah ayam yang bermain dengan indah, nyayap, mancing, dsb) kemudian kalau orang cerita tentang Burma(gambarannya adalah ayam nampar dengan pukulkan sakit, cepat) orang cerita mengenai ayam Saigon (gambarannya ayam dengan pukulan Bom, daya tahan bagus, tapi lambat) Pakhoe(ketip bulu, pukul badan) dan sebagainya...tapi yang perlu diingat, tetap sejauh mana kualitas ayam tersebut? apakah ada ayam Burma yang bisa mengalahkan Pakhoe? tentu jawabnya ada. Apakah ada ayam Bangkok yang mengalahkan Magon? tentu saja ada.... Hal ini juga bisa memudahkan saya sebagai peternak, misalnya ada pembeli mencari ayam Burma, gambaran kita yang di cari adalah ayam nampar, cepat, pukulan jahat, atau orang mencari ayam pakhoe, kita langsung tahu, pasti yang dimaksud pembeli adalah ayam ketip bulu pukul badan...mengenai kualitas itu cerita lain.

Salam Hangat,

aji KBF


ini yg saya katakan jalan tengah, kita sudah bisa mengembangkan trah pakaoy berdasarkan artian indonesia (ketip bulu pukul badan)

kalo artian Thailan artinya seperti apa saya tidak tau, tapi kalo dibilang disana susah bisa dipastikan pakhoy fersi Thai tidak sesederhana yg diartikan disini

intinya kita tidak usah berlarut2 dalam istilah, yg penting tetap semangat & terus berkarya
 
The administrator has disabled public write access.
#90529
sapari (User)
Surabaya
Expert Boarder
Posts: 394
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male saparifarm.com Location: saparifarm.com Birthdate: 2011-07-17
Re:WADUH BIRMA BENAR2 DIGULUNG JADI TIKAR 2 Years, 1 Month ago Karma: 2  
bucek wrote:
aji2008 wrote:


Kalau mengembangkan sudah lama mas, 2 th yang lalu saya pernah ambilkan Pakhoe pesanan mas Didit Gondang dari kawan saya, mungkin anaknya sekarang sudah ratusan, kemudian setengah tahun kemudian saya juga ambil pejantan Pakhoe untuk ternak , cuma mati kena wabah dengan meninggalkan 3 pasang anak saja....

Kalau pendapat saya, istilah Pakhoe, Burma, Saigon itu tidak ada hubungannya dengan kualitas..istilah ini hanya untuk memudahkan kita untuk mengetahui atau memperkirakan gaya seekor ayam. contoh misalnya orang bercerita tentang ayam BK ( bayangan saya adalah ayam yang bermain dengan indah, nyayap, mancing, dsb) kemudian kalau orang cerita tentang Burma(gambarannya adalah ayam nampar dengan pukulkan sakit, cepat) orang cerita mengenai ayam Saigon (gambarannya ayam dengan pukulan Bom, daya tahan bagus, tapi lambat) Pakhoe(ketip bulu, pukul badan) dan sebagainya...tapi yang perlu diingat, tetap sejauh mana kualitas ayam tersebut? apakah ada ayam Burma yang bisa mengalahkan Pakhoe? tentu jawabnya ada. Apakah ada ayam Bangkok yang mengalahkan Magon? tentu saja ada.... Hal ini juga bisa memudahkan saya sebagai peternak, misalnya ada pembeli mencari ayam Burma, gambaran kita yang di cari adalah ayam nampar, cepat, pukulan jahat, atau orang mencari ayam pakhoe, kita langsung tahu, pasti yang dimaksud pembeli adalah ayam ketip bulu pukul badan...mengenai kualitas itu cerita lain.

Salam Hangat,

aji KBF


ini yg saya katakan jalan tengah, kita sudah bisa mengembangkan trah pakaoy berdasarkan artian indonesia (ketip bulu pukul badan)

kalo artian Thailan artinya seperti apa saya tidak tau, tapi kalo dibilang disana susah bisa dipastikan pakhoy fersi Thai tidak sesederhana yg diartikan disini

intinya kita tidak usah berlarut2 dalam istilah, yg penting tetap semangat & terus berkarya

sip terserah penjual suka2, perkara kita di tertawain org thailand... ben no ra urus kekeekekekekekekke wong kita ga perna minta makan ke dia heheheheheheheeee

ini ada cuplikan youtube pakhoy (INA) dari mrKodokPerang yg saya anggap jauh lebih senior dan lebih mengeti dan bisa di jadikan refrensi,

tp kalo boleh berpendapat dikit, ayam tsb punya banyak kesempatan mendaratkan cucuk nya(paruh) di punggung utk melepaskan pukulan, tp hanya mau mukul kl dapat kepala, ketip bulu? mukul apapun?
label dr penjual/peternak/pemilik jgn sampai megesampingkan kualitas kinerja.
 
The administrator has disabled public write access.
Go to topPage: 1...12131415161718...20