You are here: Home Forum

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Welcome, Guest
Please Login or Register.    Lost Password?
Go to bottomPage: 123
TOPIC: jamu untuk cuaca ekstrim
#26936
kamandaka (User)
Gold Boarder
Posts: 540
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: 1  
Kesehatan ayam menjadi faktor penting buat ayam aduan agar tampil TOP FORM di arena.Karena cuaca belakangan ini ekstrim dan berubah-ubah,nanti panas dan nanti hujan.Akhirnya ayam2 terpengaruh juga kondisi cuaca yg tdk bersahabat ini,ayam yg terpengaruh,mempunyai ciri al:suka menyendiri,mengantuk,sayap terkulai,sering menggelengkan kepala,nafsu makan menurun,hidung tersumbat lendir,suka minum melulu dan kadang mengorok.

Karena itu banyak bebotoh yg berusaha dgn segala cara mencari obat2an,mana kala ayamnya terserang akibat perubahan cuaca yg ekstrim ini.Hanya saja,ketika mereka mencari obat,biasanya yg diperoleh obat2 berbahan kimia.Pdhl dgn memanfaatkan ramuan tradisonal yg telah menjadi khasanah bangsa indonesia,soal penyakit itu dapat diatasi dgn mudah.Sy teringat beberapa resep yg pernah diajarkan bebotoh lawas dan semoga bermanfaat bagi mania ayam aduan sekalian:

1.Asam kawak 50gr,Minyak kelapa 100cc dan garam dapur 10gr.Campurkan ketiga bahan tersebut dan gelintir sebesar seruasan jari,diberikan pada ayam sore hari.

2.Tepung beras 1 cangkir dan kencur 100 gram,ditumubk smp lumat dan tercampur.Kemudian digelintir seukuran biji jagung,keringkan.Pemberian pagi dan sore,2 butir sekaligus.

3.100 gr jahe segar,diparut dan campur dgn 0,1 litet air,lalu disaring dan dibuang ampasnya.Setiap pagi ayam diminumkan ramuan tsb 1 sendok makan.

4.Cabe rawit 50gr,beras 100gr.Setelah beras direndam sehari semalam,tumbuk halus bersama cabe tsb.Kemudian gelintir seruasan jari,jemur kering dan makankan tiap pagi 1 gelintir aja.

5.Temulawak 100gr,diparut dan campur dgn air 0,1ltr.Saring dan buang ampasnya.Seminggu sekali,minumkan ayam dgn takaran 1 sendok makan.

Mungkin ada rekan-rekan yg ingin menambahkan resep tradional ini,Monggo…..
 
BE REAL MAN!
The administrator has disabled public write access.
#26937
Cak Nur (User)
Platinum Boarder
Posts: 1280
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: 5  
Kalo aku paling-paling ya langganan sama : Kunyit, temulawak, temuireng, kencur, gula merah, bawang putih, bawang merah, kuning telor, madu.

Itu yang tradisional,.. kalo yang made in pabrik paling yang selalu ada : Tetrakhlor, Terramycyn, Koleridin, anti Snot, Kalk, Salep korep, Tieh Ta yo Gin, Tieh Ta wan, dst... he.he.he..
 
The administrator has disabled public write access.
#26947
dawax (User)
Expert Boarder
Posts: 309
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: 1  
saya pribadi cukup memberi: ingau/inggu
gak ngerti bahasa kerennya apa,tp klw org desa saya malang menyebutnya begitu.........
 
The administrator has disabled public write access.
#26949
davidtua (User)
Platinum Boarder
Posts: 1598
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: 0  
resep2 diatas berfungsi sebagai obat penghangat tubuh juga untuk menjaga kesehatan & stamina
pergantian cuaca memang banyak menimbukan penyakit terutama sakit2 yg disebabkan oleh virus atau spora kalo bakteri kenanya kapan saja tergantung kita berada dimana

untuk terhindar dari sakit sangat perlu menjaga stamina, menjaga stamina bisa dng istirahat teratur, olah raga secukupnya, vitamin & pola hidup sehat

pada ayam juga demikian, selain vitamin rutin usahakan kondisi ayam selalu distabilkan.........disaat musim hujan, manusia kalo keluar rumah diusahakan pake jaket biar tidak kena flu, ayma juga demikian disaat cuaca dingin usahakan ayam selalu hangat dgn cara diberi pakannya dicampur dgn sesuatu yg membuat hangat

dibeberapa kota jawa tengah peternak2 kecil sering memarut jahe, kunyit & kencur yg kemudian dicampurkan dipakan ayam (kalo disuap satu2 entar itu sangat merepotkan) jadi parutan itu dicampur saja dipakan makan ayam
jahe berfungsi untyuk menghangatkan ayam, kencur & kunyit untuk obat & vitamin mungkin

ingat penyakit paling mematikan & berbahaya bagi ayam adalah flu, jadi usahakan ayam selalu dalam keadaan hangat kalo cuaca dingin supaya tidak kena flu
 
The administrator has disabled public write access.
#26959
Cak Nur (User)
Platinum Boarder
Posts: 1280
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: 5  
davidtua wrote:
resep2 diatas berfungsi sebagai obat penghangat tubuh juga untuk menjaga kesehatan & stamina
pergantian cuaca memang banyak menimbukan penyakit terutama sakit2 yg disebabkan oleh virus atau spora kalo bakteri kenanya kapan saja tergantung kita berada dimana

untuk terhindar dari sakit sangat perlu menjaga stamina, menjaga stamina bisa dng istirahat teratur, olah raga secukupnya, vitamin & pola hidup sehat

pada ayam juga demikian, selain vitamin rutin usahakan kondisi ayam selalu distabilkan.........disaat musim hujan, manusia kalo keluar rumah diusahakan pake jaket biar tidak kena flu, ayma juga demikian disaat cuaca dingin usahakan ayam selalu hangat dgn cara diberi pakannya dicampur dgn sesuatu yg membuat hangat

dibeberapa kota jawa tengah peternak2 kecil sering memarut jahe, kunyit & kencur yg kemudian dicampurkan dipakan ayam (kalo disuap satu2 entar itu sangat merepotkan) jadi parutan itu dicampur saja dipakan makan ayam
jahe berfungsi untyuk menghangatkan ayam, kencur & kunyit untuk obat & vitamin mungkin

ingat penyakit paling mematikan & berbahaya bagi ayam adalah flu, jadi usahakan ayam selalu dalam keadaan hangat kalo cuaca dingin supaya tidak kena flu


Setuju !!
 
The administrator has disabled public write access.
#26962
oscar13 (User)
Senior Boarder
Posts: 112
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: 0  
benar mas david..sya jg biasa kasih parutan jahe,kunyit di campur ke pakan untuk mnghangtkan suhu tubuh ayam selain itu sya biasa tambah sehari 1x cairan penambah imun stiap sore tapi bila area skitar saya ada yg terserang wabah maka pemberian cairan imun tu 2x sehari pagi dan sore..salam
 
The administrator has disabled public write access.
#26969
4ndr3 (User)
Expert Boarder
Posts: 351
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: -1  
Kl ane seh cukup pake PROPOLIS...krn selain menambah daya imun, cara kerja propolis yaitu anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Ane kagak percaya obat2 produk pabrik, selain itu "racun" jg memiliki efek samping buat ayam2 kita. Tp kl PROPOLIS, d jamin aman 100% n PATEN. Ane dah buktikan buat ane konsumsi ndiri maupun buat ayam2 ane yg sakit.
 
The administrator has disabled public write access.
#26984
jaghana (User)
Platinum Boarder
Posts: 1095
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: 4  
4ndr3 wrote:
Kl ane seh cukup pake PROPOLIS...krn selain menambah daya imun, cara kerja propolis yaitu anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Ane kagak percaya obat2 produk pabrik, selain itu "racun" jg memiliki efek samping buat ayam2 kita. Tp kl PROPOLIS, d jamin aman 100% n PATEN. Ane dah buktikan buat ane konsumsi ndiri maupun buat ayam2 ane yg sakit.

propolis itu apa sih mas?? bukan buatan pabrik yah....??
kalau saya ga prnah neko2 ...cukup jahe,temu ireng,temu lawak aja untuk menjaga kesehatan.
contoh: klo ayam ga nafsu makan, sya lolohkan temu ireng seruas tiap sore.klo cuaca dingin n banyak angin,jahe+temu ireng....u/ temu lawak kadang2 aj dilolohkan.

trus vitamin cukup hemaviton / supertin aja....kandungn vitaminnya udah lengkap tuh.
vitamin B dari IPI juga buat tambahan. amoxcicillyn untuk antibiotiknya...KAlk untuk tambahan kalsium.

 
The administrator has disabled public write access.
#27025
4ndr3 (User)
Expert Boarder
Posts: 351
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: -1  
jaghana wrote:
4ndr3 wrote:
Kl ane seh cukup pake PROPOLIS...krn selain menambah daya imun, cara kerja propolis yaitu anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Ane kagak percaya obat2 produk pabrik, selain itu "racun" jg memiliki efek samping buat ayam2 kita. Tp kl PROPOLIS, d jamin aman 100% n PATEN. Ane dah buktikan buat ane konsumsi ndiri maupun buat ayam2 ane yg sakit.

propolis itu apa sih mas?? bukan buatan pabrik yah....??
kalau saya ga prnah neko2 ...cukup jahe,temu ireng,temu lawak aja untuk menjaga kesehatan.
contoh: klo ayam ga nafsu makan, sya lolohkan temu ireng seruas tiap sore.klo cuaca dingin n banyak angin,jahe+temu ireng....u/ temu lawak kadang2 aj dilolohkan.

trus vitamin cukup hemaviton / supertin aja....kandungn vitaminnya udah lengkap tuh.
vitamin B dari IPI juga buat tambahan. amoxcicillyn untuk antibiotiknya...KAlk untuk tambahan kalsium.

Jangankan utk ayam, PROPOLIS buat manusia aja manjur. Udara n cuaca spt skrg emang bnyk bw penyakit, terutama flu, greges2, tp ane rajin minum PROPOLIS, alhamdulillah ane sehat n daya tahan tubuh berkali2 lipat, krn tmn2 kerja pd pileran, alhamdulillah ane sehat. Cb aja bk web www.binaapiari.com n liat produk PROPOLIS. Ane skedar share aj kok om.
 
The administrator has disabled public write access.
#27031
RAJADUWIT (User)
Platinum Boarder
Posts: 3513
graph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:jamu untuk cuaca ekstrim 3 Years, 5 Months ago Karma: 5  
STMJ SEMINGGU 2 X
 
The administrator has disabled public write access.
Go to topPage: 123