You are here: Home Forum

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Welcome, Guest
Please Login or Register.    Lost Password?
Go to bottomPage: 12345
TOPIC: Katurangga ayam aduan
#12204
davidtua (User)
Platinum Boarder
Posts: 1598
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 0  
sasanasawunggaling wrote:
Katurangga adalah ciri-ciri dari ayam,mulai dari kaki sampai paruh,dan penjabarannya sangat luas,ga bisa di anggap hal yg sederhana untuk di jelaskan.saya kasih contoh katurangga ayam menurut rupa/ules.

ayam warna wiring galih cirinya mempunyai cengger telon,kepala jambe,mata kuning,sisik hitam,kaki hitam,jalu wulung/hitam,ekor ketel/lebat.sisik melik,itu namanya jago baik untuk aduan,merupakan ciri2 katurangga tersebut.

satu aja dulu contohnya,kalo nanya yg laen ada cas nya,he...he...he....heee

jangan kuaitir entar casnya ambil sendiri di polsek terdekat he..he..he

tengkiu jawabannya, kalo menurut boos, katurangga ayam gimana yg mempunyai posisi tertinggi ?

saya ada punya ayam mabung sekali (dah pensiun), dulu waktu blom mabung ayam tsb didominasi kelabu, setalah mabung jadi mirip gondang..........ayam tsb warna bulunya kuning/kecoklatan, demikian juga matanya, batang bulu ekor, maupun kakinya, kata orang warnanya tembus dari kaki sampe ke mata2nya
bisa kasih penjelasan lebih detail ttg keistimewaan atau apa saja keq........
 
The administrator has disabled public write access.
#12205
adiriau (User)
Expert Boarder
Posts: 294
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 1  
sasanasawunggaling wrote:
suro kopyor mempunyai ciri apabila ayam tersebut di gerakan ke depan atau ke belakang terdengar suara air,
maaf mas..bunyi airnya itu terdengar dari pangkal paha ya? sy pernah denger ayam kalau dia menggerakkan kaki saat diangkat terdengar seperti bunyi air dkt pangkal sambungan paha...mohon ktrangannya...thanks
 
The administrator has disabled public write access.
#12207
kang_parmin (User)
Fresh Boarder
Posts: 25
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 0  
saya yang awam dan baru senang ayam ini mohon petunjuk.
kalau untuk adu saya sudah punya jagoan. saat ini saya butuh ayam untuk hiasan atau kelangenan. saya mau catunranggannya sempurna, masalah kualitas tarungnya pas-pasan saya tidak mempersoalkan . saya mesti gimana rekan2?
bulunya harus warna apa, terus waktu milih apa saja yang harus saya perhatikan dengan seksama dari awal sampai akhir pengamatan.

saya mohon sangat pencerahannya.
wassalam
 
The administrator has disabled public write access.
#12210
Cak Nur (User)
Platinum Boarder
Posts: 1280
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 5  
kang_parmin wrote:
saya yang awam dan baru senang ayam ini mohon petunjuk.
kalau untuk adu saya sudah punya jagoan. saat ini saya butuh ayam untuk hiasan atau kelangenan. saya mau catunranggannya sempurna, masalah kualitas tarungnya pas-pasan saya tidak mempersoalkan . saya mesti gimana rekan2?
bulunya harus warna apa, terus waktu milih apa saja yang harus saya perhatikan dengan seksama dari awal sampai akhir pengamatan.

saya mohon sangat pencerahannya.
wassalam


Katuranggan jago adon...(minjem istilah BUku primbon),.. itu ada beberapa macam..
Menurut buku primbon Betal Jemur adamakna :
Jago adon (ayam laga) dibagi beberapa hal yaitu :
1. Ayam laga yang baik menurut susunan sisik kaki
2. Ayam Suro
3. Ayam laga yang baik menurut 'ules' atau warna bulu
4. Ayam laga menurut kemanfaatannya bagi pemilik.

1. Itu dibagi beberapa jenis sisik kaki mulai dari : Sisik Naga tumurun, Sisik Batu lapak, Batu rante, Sisik Ubet/cincin dst.
2. Mulai Suro Kopyor, Suro Manten, Suro Dukun, dst
3. Mulai Wiring Galih, Wiring Kuning, Blorok Madu, dst
4. Mulai Wiring kuning yang baik itu adalah : Warna merah/kuning, kaki lontheng (belang), paruh kuning, ekor hitam dst .. membawa keberkahan buat pemiliknya,..dst....

Jadi,.. kalo mau mencari untuk klangenan.. banyak pilihannya,...tentukan saja pilihanmu...!!!! he.he.he.. kayak take me out saja....
 
The administrator has disabled public write access.
#12232
sasanasawunggaling (User)
Fresh Boarder
Posts: 39
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 0  
menurut saya warna bulu/ules yang bagus dan bisa bikin langgeng adalah wido cempaka,ayam yg punya ciri memiliki cengger telon,kaki dan taji berwarna kuning,ekor lebat,sisik kaki mulus/bandar,supit udang rapat,

itu menurut saya................................
 
The administrator has disabled public write access.
#12236
kang_parmin (User)
Fresh Boarder
Posts: 25
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 0  
Makasih buat akang dan cah pasuruan yang udah membabtu.
tapi saya ini memang masih awam jadi dijelasin gitu jadi tambah pusing. he he he.
senior lain tolong melengkapi please.
 
The administrator has disabled public write access.
#12237
bowie (User)
Fresh Boarder
Posts: 19
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 0  
Maaf sy junior boleh ngasih sedikit masukan ????
menurut sy jago yang cocok untuk klangenan atau hiasan kriterianya antara lain :
1 . Ganteng mukanya ( kulit halus,cengger serasi halus )
2. Bulu lebat dan sehat ( mengkilap dan utuh )
3. Badan sedang pas dan serasi dengan kepala dan kaki
4. Kaki utuh normal dengan warna sisik yg bersih ( tidak cengkrong , tidak berbubul dll )
5. Ekor panjang lebar dan kaku
6. Warna menurut selera asal bulu hias utuh nyambung antara rawis leher,punggung dan pangkal paha.
7. Tidak menjadi masalah dengan keluarga dan lingkungan sekitar
8. Daging empuk dan gurih kalo di goreng ...
 
The administrator has disabled public write access.
#12238
adiriau (User)
Expert Boarder
Posts: 294
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 1  
bowie wrote:
Maaf sy junior boleh ngasih sedikit masukan ????
menurut sy jago yang cocok untuk klangenan atau hiasan kriterianya antara lain :
1 . Ganteng mukanya ( kulit halus,cengger serasi halus )
2. Bulu lebat dan sehat ( mengkilap dan utuh )
3. Badan sedang pas dan serasi dengan kepala dan kaki
4. Kaki utuh normal dengan warna sisik yg bersih ( tidak cengkrong , tidak berbubul dll )
5. Ekor panjang lebar dan kaku
6. Warna menurut selera asal bulu hias utuh nyambung antara rawis leher,punggung dan pangkal paha.
7. Tidak menjadi masalah dengan keluarga dan lingkungan sekitar
8. Daging empuk dan gurih kalo di goreng ...


AYAMNYA HARUS HIDUP...KL DA MATI DIKUBUR...NTAR BAUUUU LHO
 
The administrator has disabled public write access.
#12241
bowie (User)
Fresh Boarder
Posts: 19
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 0  
@mr adi : Hahahaha .. bener harus hidup .. kali aja bosen pingin ganti kan tidak menyusahkan ibu2 di dapur mr ...
 
The administrator has disabled public write access.
#12271
canthoygam (User)
Expert Boarder
Posts: 323
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:Katurangga ayam aduan 4 Years, 2 Months ago Karma: 1  
Ini mo beli ayam di mana lagi?

singapur apa ostrali?
 
The administrator has disabled public write access.
Go to topPage: 12345