You are here: Home Artikel Seputar Ayam Laga Cara Cepat Mengenali Ayam Bangkok F1 (by Jackone)

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Mar
08
2009

Cara Cepat Mengenali Ayam Bangkok F1 (by Jackone)

( 531 Votes )
Cara cepat yang bisa kita lakukan untuk menentukan dan memilih apakah seekor ayam masih merupakan turunan F1 dari Bangkok asli, ataupun masih memiliki darah bangkok yang kental. Berikut beberapa ciri yang dapat dijadikan panduan:
 
1. Suara kokok ayam keras dan pendek.
2. Badan panjang, tulangan kasar dan kaku.
3. Pada pangkal paha belakang, terdapat bulu yang memiliki warna yang sama dengan leher, bahu dan punggung.

 

Selain itu dari sisi warna, beberapa hal yang bisa dijadikan panduan yaitu:

1. Warna bulu leher, bahu, punggung, dan bagian belakang paha harus satu warna.
2. Warna bulu bagian bawah leher dan dada hanya satu warna dan berwarna hitam.
3. Warna bulu ekor hanya satu/dua warna dan berwarna hitam campuran putih.

 

 

 

Salam kompak,

AyamLaga.COM
Portal & Komunitas Penggemar Ayam Laga Indonesia

 

Comments (32)add comment

omponk said:

omponk
...
ayam bangkok yg bang jack ciriin tuh ayam bangkok titisan jawara ayam bangkok asli jaman dulu,jarang ada yg punya ayam dengan ciri2 seperti itu, cuma takdir & nasib yg nentuin mah, di bangkok'y pun jarang ada ayam dengan ciri2 yg bang jack kasih info kan, untung nasib & takdir saya bagus bagus & saya punya ayam dengan ciri2 yg bangjack kasih info, ayam tembus persis 100% ciri2'y, ayam masih pemanggang tapi bulu rawis jago samping paha udah keluar, banyak yg mau bayarin gak sya kasih, udah ada yg nawar 1 juta gak saya kasih, sayang kata sodara sya itu ayam titisan jawara2 dulu asli bangkok, sodara dulu punya kata'y turunan anak2'y bagus2 semua & jadi jawara semua....thank's bang jack atas info'y smilies/wink.gifsmilies/wink.gifsmilies/wink.gifsmilies/wink.gifsmilies/cool.gif
April 06, 2012

Suyanto AM said:

Suyanto AM
...
Mantap...
January 20, 2012

abeng said:

abeng
...
ada koleksi lancuran gak bang jack???
smilies/tongue.gifsmilies/tongue.gifsmilies/tongue.gif
July 23, 2011

rere romy said:

Meidy Erwanto
...
mf bang jack sblmnya.,,.dmna bsa bsa kta dpatkn pernakan asli f1 ,.bnr-bnr asli tlng infony.,
mohon bntuanya
terimakasih sblmnya
April 04, 2011

riza satria said:

riza satria
...
saluut.,.,., to mas jack
March 17, 2011

sunardi said:

sunardi
...
Idealnya sampai umur berapa tahunkah ayam masih bisa ditarungkan? dan untuk ayam pacek mulai umur berapa ?
February 19, 2011

joko santoso said:

joko santoso
...
Bang Jack bagaimana menurut anda jenis paruh yg paling kuat, bentuk besar memanjang atau yg kecil, karena saya pernah melihat pertarungan yg berjalan sampe 5 ronde,
paruh ayam terlepas akibatnya daya patuknya melemah, dan ujung2nya ayam itu kalah. Jika paruh biasa aja apa ada tip jitu memberi pakan yg bisa mengeraskan paruh dan tidak mudah rontok dalam pertarungan.? Thanks
February 07, 2011

eko prasetyo said:

eko prasetyo
...
maaf bang jack.. mau tanya nih..apkah fungsi dari pakan bekatul dan seberapakah penting bagi ayam petarung..krn pak lik saya..tidak pernah lupa memberikan tambahan bektul..walupun masih anakan pasti ditambah sedikit katul...katanya bagus untuk tulang..trimakasih bang jjack..
February 07, 2011

andi saputra said:

andi saputra
...
Salut wat bang jack
September 01, 2010

Jackone said:

Taufik Kurniawan
...
saya pernah punya ayam seperti itu... "tedunnya di celah kaki"... tedun tersebut terjadi karena ayam jarang di umbar (kebanyakan di candang alas bambu) lalu kita tarungkali untuk latihan... setelah itu paling kita bersihkan secukupnya lalu kita masukkan kembali kekandang... tanpa kita sadari pada saat latihan kaki ayam beradu kaki atau lompat2 karena otot tidak pemanasan atau jarang di umbar akibatnya terjaliah ..."tedun" di celah jari kaki ayam.
Tedun tersebut jika cepat kita ketahui maka pengobatannya cukup dengan mengkopres dengan rebusan daun serai yang masih hangat tiap hari selama satu minggu... tetapi jika teduk tersebut sudah mengeras maka jalan satu-satunya, selain di kompres harus sering di umbar agar otot tedunnya menjasi terbiasa.
semoga bermanfaat smilies/smiley.gif
May 22, 2010

isa himawan said:

isa himawan
...
bang jeck kalo yg bengkak disela jari kaki atas(bukan telapak)kalo kt orang jawa tedun gimana ngobatinya???mau selesai ngurak eh bengkak>>>>>btw thx
May 05, 2010

jokoindo said:

jokoindo
...
mantabbb sekaliiii infonya.....top dach...smilies/grin.gif
April 30, 2010

TRISN VIRGOZA said:

TRISN VIRGOZA
...
bank jack klo ada ayam yg sulet gmn??? padahal f1 tp sulet gituloh
December 07, 2009

cobain said:

cobain
...
bang jack posisi dimana??????
August 26, 2009

alim said:

alim <YM alim_riant081>
...
seep d infonyasmilies/grin.gif
July 29, 2009

ronnyachonk said:

ronnyachonk
...
hanya usul... kayak nya kita harus bikin even kasih gelar prof ayamlaga bagi para senior kita d milis ini tapi hrs masuk kwalifikasi ya...and minimal dia pya ayam menang lebih 7x dan harus kita crooscek dl kale ye setujuuuuuuuuuuuuuuu gakkkkkkkkkkkk para hobyyess.
April 17, 2009

ronnyachonk said:

ronnyachonk
...
aduh...bang jeckone betul2 senior d ayamlaga(inti nya abang gak pelit bagi2 ilmu smilies/grin.gif) and secepat nya saya ke tempat abang tuk beli anakan BK nya. and mudah2an dapet ya bang
thxs
ronny
April 17, 2009

nazal said:

nazal
...
Salam kenal bang bob....
Untuk penyakit bubul ayam (bumble foot) sebaiknya jangan ditangani sendiri, tapi segera bawa ke dokter hewan untuk diobati (biasanya akan dilakukan operasi ringan).
Perawatan pasca pengobatan dari dokter : Jaga kebersihan disekitar kaki ayam untuk mencegah infeksi dan pastikan lingkungan kandang selalu higenis.
Thanx....
April 17, 2009

nazal said:

nazal
...
Salam kenal bang jack...
Ciri ayam F1 (import) berupa suara kokok ayam keras dan pendek, dan bulu belakang paha yang serupa dengan bulu rawis sepertinya nggak selalu seperti itu bang....
Saya pernah punya asli import dari thai (dah pernah juara dari sono-nya_ada pialanya lagi,,hehehe...) tapi kokoknya panajang mirip ayam kampung dan bulu2nya juga gak serupa.Pokoknya kalo liat sepintas, nggak bakalan keliatan kalo itu asli import.Hanya saja saat datang ke jawa, dipermukaaan kulitnya ada warna kuning yang katanya bekas baluran khemine gunanyauntuk menjaga kesehatan bulu ayam.
salam....
April 17, 2009

Jackone said:

Taufik Kurniawan
...
Mengenai bubulen ini masalah klasik,
Karena di era modern ini hal tersebut tidak perlu terjadi .... he3
untuk pengobatannya tergantung tingkat kerusakan telapak itu sendiri.
Cara penyembuhannya ada 1001 macam....
salah satu di antaranya: pada waktu sore hari kedua kaki ayam di cuci dengan sabun dan di bersihkan terutama yang ada bubulennya lalu di oles obat cair anti septic "Rivanol".
Besoknya ayam di lepas di kandang khusus yang lantainya pasir gembur.
Selama proses penyembuhan ayam tidak boleh di fisik kecuali di jemur secukupnya (supaya tetap fit)
Tujuan dari perlakuan ini agar telapak ayam tidak menerima beban berat misalnya karena di fisik atau di trening sehingga sel-sel urat kaki ayam melakukan recovery dengan sempurna.
Jika cara ini di lakukan dengan baik dan benar, sy kira dlm 2 minggu memberi hasil yang memuaskan. smilies/grin.gif
Semoga membantu... dan cepat sembuh si Ayamnya ... smilies/cool.gif
March 30, 2009

bob said:

bob
...
ow yeah...

good....

btw, cara mengobati bk bubulen/ penyakit luka yag ada di kaki....,ge mana yah bg...



thx b4...
March 29, 2009

Jackone said:

Taufik Kurniawan
...
Dear Bob,
it's ok... no problem... smilies/cheesy.gif
Semua hanya untuk yang terbaik .... baik sedikit ato baik banyak hanya keberuntungan kita saja untuk memilikinya karena pada dasarnya semua penghobi cepat ato lambat akan memahami arti terbaik berdasar versinya sendiri....
Jika kita memiliki ayam BK yang baik menurut kita dan tidak sesuai dengan apa yang di paparkan .... dosen't metter
yang penting kita merasa senang dan nyaman... he3 smilies/cheesy.gif
.... "bukan harga mutlak" .... !smilies/cool.gif
March 25, 2009

Jackone said:

Taufik Kurniawan
...
Ikah.... !
Secara pasti sulit menjelaskannya krn saya hanya tertarik pada BK...!smilies/smiley.gif
..... tetapi saran saya sebaiknya anda memiliki ketiga jenis ayam tersebut tak perlu yang bagus kemudian sering memegang, meremas, mengurut ... dst..
maka saya yakin anda merasakan dengan pasti perbedaannya... he3smilies/grin.gifsmilies/cheesy.gif
March 25, 2009

bob said:

bob
...
apakah ia...,memang "semua bangkok" di pangkal paha ada bulu yg "sama" dng bulu badan keseluruhan...????
apakah itu uda hukum matinya...???
gemana dengan BK berwarna hitam/jragem...??? atau...,
BK dengan warna brumbun/blorok...?????
kalo tulangan se emang rata2 bangkok de best..!!
kalo kluruk se...,kayakna ga semua ayam kususnya "bangkok" mempunyai pita suara yg sama....,
sehingga tidak semua aym bangkok mempunyai kluruk "besar dan pendek".......smilies/tongue.gif

don't so seriously...,im just looking around...,
ho..ho..ho....

btw...,thx b4

check it.
March 25, 2009

Jackone said:

Taufik Kurniawan
...
Mas Ferdi ...
Menurut saya yang dekat dengan BK mata hitam pendar kuning di sekitarnya dengan dasar merah, klu paruh parit panjang dan tebal dekat BK... (masih ada beberapa standar utama untuk menentukan alur BK)... !
Mengenai warna mata BK asli yang baik menurut saya yang ada pendar kuning di sekitar pupilnya (mata hitam kecil) tetapi warna mata BK ada juga yang bergaris seperti ster.... biasanya warna mata termasuk standar dalam memilih BK. Klu patuk/ paruh berparit itu termasuk dalam alur BK tetapi bentuk paruh parit yang panjang dan tebal sangat langkah yang sering kita jumpai paruh parit yang pendek dan tipis... ...
March 25, 2009

IKAH said:

IKAH
...
Bang Jack Bedanya secara fisik ayam Bangkok denga ayam Saigo atau Birma itu apa.?
March 25, 2009

ferdi said:

john gultom
...
bang jack klo di lihat dari matanya yg kristal atau bening dan paruhnya yang ada alur atau got nya apakah bisa juga di asumsikan masih dekat dengan bangkok.
March 22, 2009

Jackone said:

Taufik Kurniawan
...
Jawaban:
1. Jika warna bulu belakang paha tidak sama artinya tidak tembus tetapi sudah ada warna itu sudah bagus asal di bagian dada dan paha hanya warna hitam, bila di dada dan paha terdapat warna yang sama dengan warna belakangg paha berarti itu biasa saja ... (dari segi warna).
2. Wujud bulunya lancip layaknya rawis ... (bulu hias) bukan bulu biasa ...(ujungnya elips)smilies/smiley.gif
March 17, 2009

IKAH said:

IKAH
...
Terimakasih bang atas keterangannya semoga keterangan ini menjadi wawasan bagi kita semua dan satu lagi
1. Warna bulu belakang paha kalau tidak sama apa itu artinya atau cuma satu dua bulu yang hampir sama.
2. Warna bulu itu apakah berwujud rawis atau bulu biasa tapi warnanya sama dengan bulu leher dan punggung.
March 17, 2009

Jackone said:

Taufik Kurniawan
...
WARNA SISI dan KARAKTER SISIK
Warna sisik kaki ayam bisa berubah misal sebelum ganti bulu (mabung) adalah putih gading tetapi setelah ganti bulu berubah menjadi kekuninga (kuning). Ada juga warna kuning belang hitam berubah menjadi kuning lalu kembali lagi ke warna asal setelah mabung kedua.
Apabila warna kaki awal kuning maka akan berubah menjadi kuning kebeningan (agak bening)... warna inilah yang paling disenangin karena di anggap lebih keras dari warna sebelumnya.
Jika warna dasar ke hijauan maka berubah menjadi hijau kebeningan... !
Jika warna dasar hitam maka berubah menjadi hitam kebeningan... ! begitu seterusnya untuk perubahan warna yang baik menjadi acuan.smilies/smiley.gif
Karakter Sisik,
Ada yang terlihat basah (biasa-biasa saja).... ada yang sedang-sedang saja dan ada yang penampilannya kering (istilah: sisik buaya). Bentuk sisik sifatnya hanya untuk melindungi lengan kaki dari benturan, tidak berhubungan langsung dengan kekuatan pukulan/ daya gempur AyamBangkok. Tetapi banyak penghobi AyamBangkok yang lebih tertarik pada sisik kering, selain bentuknya yang menarik dan memang lebih kuat dari sisik lainnya.
Kekuatan pukul jika di lihat dari bentuk lengan kaki adalah yang bentuknya bulat karena secara struktur momen gayanya lebih terpusat.
Tkssmilies/grin.gif
March 14, 2009

Adek Harahap said:

Adek Harahap
...
Ayo bang Jack, ditunggu tulisannya tentang sisik kaki smilies/grin.gifsmilies/grin.gifsmilies/grin.gif
March 13, 2009

IKAH said:

IKAH
...
Kalau mengenali ciri kaki bagaimana bang, kalau yang pernah saya lihat itu ada kaki yang bersisik kasar dan warna putih, kuning, hitam atau sisik kaki kuning dan tidak begitu kasar.?
March 11, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy