You are here: Home Artikel Seputar Penyakit Penyakit Ngorok atau Chronic Respiratory Disease (CRD)

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Jan
27
2009

Penyakit Ngorok atau Chronic Respiratory Disease (CRD)

( 266 Votes )
Penyakit Ngorok biasa juga disebut dengan Chronic Respiratory Disease (CRD) atau mikoplasmosis atau Sinusitis atau Air Sac. Penyakit Chronic Respiratory Disease  disebabkan oleh bakteri Mycoplasma galisepticum. Biasanya menyerang ayam pada usia 4-9 minggu. Penularan terjadi melalui kontak langsung, peralatan kandang, tempat makan dan minum, manusia, telur tetas atau DOC yang terinfeksi.
Faktor predisposisi atau faktor pendukung
- Kondisi kandang yang lembab
- Kepadatan kandang yang terlalu tinggi
- Litter yang kering
- Kadar amonia yang tinggi.

 
Cara penularan
Penularan penyakit terjadi baik secara vertikal maupun horizontal. Secara vertikal dapat melalui induk yang menularkan penyakit melalui telur dan horizontal disebarkan dari ayam yang sakit ke ayam yang sehat. Penularan penularan tidak langsung dapat melalui kontak dengan tempat peralatan, tempat pakan, hewan liar maupun petugas kandang.

 
Gejala klinis
Ngorok basah, adanya leleran hidung lengket dan terdapat eksudat berbuih pada mata dan ayam suka menggeleng-gelengkan kepalanya. Pada kasus kronis mengakibatkan kekurusan dan keluarnya cairan bernanah dari hidung.

 

Pengobatan
Pengobatan CRD pada ayam yang sakit dapat diberikan baytrit 10% peroral, mycomas dengan dosis 0.5 ml/L air minum, tetraclorin secara oral atau bacytracyn yang diberikan pada air minum.

 
Pencegahan
Membeli ayam baik indukan, pejantan, dan anakan yang benar-benar terbebas dari chronic respiratory disease (CRD). Menjaga kebersihan dan tingkat kelembaban kandang dan area ayam.
Comments (25)add comment

jagoanjogja said:

jagoanjogja
...
kalau saya pakai obat tradisonal ramuan sendiri jadi nggak pernah beli obat
September 03, 2012

setya said:

setya
...
Ayam ngorok ? Kasih aja tetraclor. Untuk ayam umr 1.5bln an cukup 1 bh. Untk 2~3bln kasih 2 bh dan untk 3bln ke atas bisa 2/3 bh tergantung tingkat keparahan. Itu yg berdasarkan pengalaman sy dlm beternak dan Alhamdulilah selama sy beternak udh2th lebih g ada yg mati karena pnyakit. Dan yg terpenting penanganan dini, rajin brsihin kandang dan bila ada yg sakit cepat pisahkan dan langsung beri tetraclor. Semangat terus jngan menyerah. Bravo AL.com
May 18, 2012

rachel said:

lamongan dua delapan
...
dikasih Coryvit Capsule aja
December 18, 2011

asyiq said:

asyiq
...
kalau sdh ngorok bisa di koroi dg minyak tanah
ambil bulu ayam, rendam dg minyak tanah lalu di masukkan mulut ayam smp penuh, bulu ayam sambil diputer2. ulangi minimal 3 kali.
lakukan pagi dan sore stlh makan
October 21, 2011

arbain said:

arbain
...
RAHASIA biar ayam ga sakit,gabah/beras/beras merah di redam minyak tanah selama setengah hari atau 3jm kemudian di jemur untuk menghilangkan bau biar ayam mau mkn klo ga mau di suapin lakukan tiap 2minggu sekali atau seminggu sekali.dapat mencegah bermacam pnyakit.bisa jga untuk obt kalau aym mulai menujukan gejala cpt suapin tu ayam.selamat mencuba
July 11, 2011

imam prayudi said:

imam prayudi
...
tetraclor + trymizin beli nya dimna bang di apotik ada jual gk ............ kasian klo pas di abar ngorok nya deres banget
bang klo ayam ngorok trus di abar ada gk efek nya ?
March 13, 2011

imam prayudi said:

imam prayudi
...
risih banget liat ayam ngorok gk enak ngeliat nya bacytracyn beli nya di apotik atau di toko ayam bang bingung ni ayam saya umuran 5 bulan bang.....................
March 13, 2011

meglan said:

meglan
...
klo di kampungku ngobatinya pake bawang putih scr intensifsmilies/grin.gifsmilies/cheesy.gif
March 12, 2011

meglan said:

meglan
...
klo di kampungku ngobatinya pake bawang putih intensifsmilies/grin.gif
March 12, 2011

Widodo said:

Widodo
...
Trus Yg plg bnr ngobatin ayan ngorok dimana dunk...?
February 23, 2011

indra sawit said:

indra sawit
...
susah ngobatinya tuh....tergantung tingkat ngoroknya....klo ngorok biasa pake TC aja da cukup....tapi ada ngorok ampe ingusan yg akhirnya jengger ayam biru....dan mati...
December 03, 2010

Templar said:

Templar
...
ayam saya biasanya kalo pas kecapean +hawa dingin bisa terkena ngorok.....biasanya aku kasih obat flu untuk manusia aku biasa kasih DEXICOLD BIASANYA PAGI HARI UDAH KELIATAN SEHAT
November 28, 2010

Templar said:

Templar
...
ayam saya biasanya kalo pas kecapean +hawa dingin bisa terkena ngorok.....biasanya aku kasih obat flu untuk manusia aku biasa kasih DEXICOLD
November 28, 2010

Alpine said:

Alpine
...
klo untuk kasus ngorok ga usah panik,,kasih aja tetraclhor,,cara ngasih nya kapsul dibuka kemudian baru dituangkan kedalam kerongkongan ayam,....moga bermamfaat,
September 16, 2010

shagie said:

shagie
...
Sedia propolis jika kebal sama obat BKO, tapi awasi efek sesatnyasmilies/wink.gif
August 25, 2010

bhubhulz said:

adit
...
nama obat'y ko aneh2 y...???
bisa di beli dmana???&harga'y mahal ga???
sory bnyak nanya...saya pemula kang...
January 21, 2010

Teddy Kurniawan said:

Nyoo Ju Sin
...
obat yg dijual di apotik buat ayam ngokrok namanya apa??? smilies/smiley.gif
January 07, 2010

halilintar said:

halilintar
...
@perkul
klo sy biasa ta'kasi tetraclor + trymizin 1 : 1,di berikan tiap sore selama 3 hari...mudah2han ngoroknya kabur


salam
July 09, 2009

nazal said:

nazal
...
@sayuti
hati2 dlm pemberian antibiotik, dalam jangka panjang dan dosis besar bisa menjadikan bibit penyakit menjadi resist/kebal.
June 10, 2009

nazal said:

nazal
...
@perkul
Bro perkul, bawa aja ayamnya ke dokter hewan biar lebih pasti penanganan n pengobatannya ,,,smilies/smiley.gif
June 09, 2009

perkul said:

perkul laga   087 884 824 149
...
smilies/smiley.gif bos ayam saya lg kena ngorok semua.. kondisi ayam sehat makan doyan tp ngorok. sy dah suntik tylon n obat therymizyn, tetrachlor tp blm ada perkembagan nh. tlg solusi yg manjur bgm ?
June 03, 2009

sayuti syah alam said:

komandan ayam
...
bang saya sering pake tetracyclin, dan ampicilin kalo ayam lagi ngorok... apa itu benar bang
May 18, 2009

arif said:

Arif
...
Iya bang ya, bisa divaksin kan ya.. kalu bisa lebih baik preventif dari pada harus mengobati..
April 25, 2009

nazal said:

nazal
...
Maaf, sepengetahuan saya CRD sangat sulit disembuhkan (jika tidak mau disebut tidak mungkin) apalagi hanya dengan pemberian antibiotik secara inkonsisten. Penyakit ini mirip TB pada manusia, bila diberikan antibiotik bakterinya tidak benar2 terbasmi mati (hanya tertidur) dan apabila imunitas penderita menurun bakterinya akan comeback dengan resistensi lebih kuat lagi.
Bila indukan pernah mengidap CRD, kemungkinan besar anak2nya akan "mewarisi" CRD dari induknya.Thanxs....
April 17, 2009

ferdi said:

john gultom
...
bang klo ngorok yang di saluran pernapasannya ada seperti flek warna kuning itu apasih, ayam saya pernah kena tapi ga mempengaruhi selera makan, nafsu bertarung cuma kasihan aja klo pas di abar bunyi ngoroknya itu.
March 22, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy