You are here: Home Artikel Seputar Perawatan Rawatan Gelanggang: Part 02 - Mental

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Dec
31
2008

Rawatan Gelanggang: Part 02 - Mental

( 371 Votes )
Merawat Untuk Turun ke Gelanggang
Setelah sehari-melakukan rawatan Phisik ayam seperti pada tulisan kami sebelumnya (Rawatan Gelanggang: Part 01 - Phisik), maka training yang selanjutnya harus kita lakukan adalah memperkuat mental dan pengalaman tarung ayam. Satu-satunya cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menjajal ayam dengan untulan ataupun ayam bangkok lainnya. Latihan ini sangat diperlukan oleh ayam bangkok yang akan diturunkan ke gelanggang untuk memperkuat mental dan memberikan pengalaman tarung yang lebih padanya.

Dalam waktu 30 hari, semakin banyak latihan jajal yang kita lakukan maka semakin baik hasil yang akan kita peroleh. Jajal bisa dilakukan 5 kali sehari, dan paling sedikit adalah 7 hari sekali, sehingga dalam waktu training 30 hari, ayam akan menerima minimal 4-7 kali latihan tarung.

Jajalan yang biasa kami lakukan adalah di sore hari di pukul 16.00-17.00, dan bila ayam memperoleh latihan jajal, maka latihan lari tidaklah perlu dilakukan. di Jajalan pertama, tidak perlu dilakukan terlalu lama, biasanya hanya 1 ronde (10 menit) dan inipun dilakukan dengan membungkus paruh dan jalu ayam baik untuk ayam yang akan dilatih maupun lawan tandingnya. Tujuan membungkus paruh dan jalu ayam selain untuk menghindari terjadinya luka pada ayam yang akan dilatih adalah untuk meningkatkan emosi ayam bila bertarung. Paruh dan jalu yang dibungkus akan membuat ayam susah untuk melakukan pukulan dan kebanyakan hanya mengeluarkan teknik2 yang memberikan banyak gerakan cepat sehingga sangat bagus untuk otot2 ayam. Sampai dengan jajal ke-2, kita tetap membungkus paruh dan jalu ayam dan jajal dilakukan sama selama 10 menit.

Di jajal ke-3 sampai ke-4, paruh dan jalu masih dalam keadaan terbungkus, akan tetapi durasi jajal ditingkatkan menjadi 2 ronde (2x10 menit).

Di jajal ke-5, latihan mulai mencapai puncaknya dan jajal kita lakukan tetap 3x10 menit, dan disini, paruh dan jalu ayam yang akan kita latih tidak akan kita bungkus, akan tetapi paruh dan jalu lawan masih dalam kondisi dibungkus. Di jajal ke-5 ini, akan terlihat perbedaan dan peningkatan gaya, kecepatan dan pengalaman tarung ayam yang sedang kita latih. Biarkan dia sesuka dan sesenangnya melakukan pukulan2 ke arah lawan yang kondisi paruh dan jalunya terbungkus, sehingga disinilah akan mulai membentuk mental tarung yang sepenuhnya. Mental dan Rasa percaya diri ayam akan meningkat dengan baik karena terus-terusan bisa memukul lawan dengan mudah. Walaupun terkesan seperti menyiksa lawan tarung, akan tetapi hal ini sangat diperlukan bagi ayam yang kita latih. Di jajal ke-5 ini, bisa kita pastikan, kalau memang ayam yang kita latih adalah tipe ayam pukul, maka rata2 pukulannya akan mengenai tempat2 vital lawan. Dan bila ayam tersebut adalah tipe jalu, maka minimal di 5 menit pertama, beberapa tikaman sudah tersarang ke lawan tarungnya, dan bila tidak ada satupun tikaman jalu yang tersarang, berarti ayam yang kita latih bukan tipe ayam jalu dan sebaiknya jalu yang dimilikinya kita potong saja karena akan merugikannya bila di gelanggang harus bertemu dengan lawan lain yang memiliki jalu.

Di jajal ke-6, latihan sudah masuk ke tahap seperti aslinya. Paruh lawan tarung sudah tidak dibungkus lagi, akan tetapi jalu lawan tetap kita bungkus untuk menghindari luka serius pada ayam yang kita latih. Jajal ke-9 tetap selama 3x10 menit. Di jajal ini ayam yang kita latih akan merasakan bagaimana menerima patukan2 dan banyak pukulan dari lawan. Dan yang pasti ayam yang kita latih akan mengalami pendarahan disekitar mukanya akibat patukan. Hal yang kita harapkan adalah, semakin banyak patukan dan darah di mukanya, maka semakin tinggi semangat dan mental tarungnya. Hal ini karena ada sedikit mitos tentang ayam bangkok, bawah semakin banyak darah yang dikeluarkannya maka akan semakin tinggi pula semangat tarungnya (but who knows....).

Setelah jajal ke-6 adalah saatnya untuk istirahat minimal selama 5 hari untuk menyembuhkan luka dan mengembalikan tenaganya. Ayam tidak perlu menerima latihan lari di sore hari akan tetapi senaman pagi tetap kita lakukan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kelelahan yang terlalu tinggi pada ayam. Bila di jajal ke-9 ayam mengalami banyak luka di bagian muka, maka pengobatan harus dilakukan agar luka2 cepat kering dan sembuh. Bekas-bekas luka yang timbul secara tidak langsung memberikan nilai lebih bagi ayam, karena kulit2 mukanya akan semakin tebal dan lebih tidak mudah untuk terluka.

Setelah masa istirahat dan penyembuhan luka selesai, maka jajal ke-7 (terakhir) bisa kita lakukan. Bagi kami, jajalan ini adalah yang terakhir sebelum ayam dapat turun ke gelanggang. Jajalan dilakukan full 5x10 menit ataupun sampai lawannya lari, akan tetapi diusahakan untuk mencari lawan tarung yang memiliki mental yang cukup kuat sehingga dapat menyelesaikan maksimal tarung 5x10 menit.

Di jajal ke-7 ini, ayam yang kita latih harus mampu menyelesaikan 5x10 menit durasi tarung, bila ternyata ayam tidak mampu dan dironde ke 4 atau ke-5 tenaga ayam habis dan tidak bisa memukul lagi, maka jajal kita stop dan berarti ayam yang kita latih belum siap untuk turun ke gelanggang. Ayam yang siap ke gelanggang adalah ayam harus mampu menyelesaikan durasi tarung minimal 5x10 menit.

Hal yang perlu diingat bahwa, sebisanya lawan2 tanding yang diperoleh ayam yang kita latih memiliki teknik tarung yang berbeda-beda sehingga pengalaman yang akan diperolehnya pun akan semakin banyak.

Akhir kata, semakin banyak jajal yang diterima ayam yang kita latih, maka akan semakin kuat mental dan pengelaman tarung yang diperolehnya. Akan tetapi semua jajalan yang kita lakukan tetaplah harus memperhatikan unsur kehati-hatian, karena kalau tidak, tak jarang upaya latihan yang telah kita berikan hanyalah sia-sia belaka.

 

Terima kasih,
AyamBangkok.COM

 

Comments (13)add comment

Idris semarang said:

Idris semarang
...
seminggu sebelum turun laga bagus nya ayam diumbar apa di apain mas...
jg sehari sebelum turun laga di kasih jamu apa mas supaya tarung ny maksimal..makasih sebelum nya...
May 24, 2011

Eko Suwardi said:

Eko Suwardi
...
mksh info'y bang,smilies/wink.gif
November 17, 2010

bernad said:

bernad
...
permisi saya mau tanya nee kalo ayam kita senam di pagi hari trus di sore hari di jalal apa ga kecapean mas???waktu itu saya pernah ayamnya malah kabur kata om saya itu ayam kecapean....tolong komentarnya kakak kakaka yang sudah pro ....
April 11, 2010

seno said:

seno
...
mantep banget neh artikelnya,sekedar menambahkan saja,pengalamanq jg sama,semakin sering jajalan yg qta lakukan ma ayam andalan qta,teknik maupun mental tanding ayam qta jg akan semakin berkembang,qta jg bs melihat apakah ayam qta merupakan ayam yg bs diandalkan atau tidak.untuk mas sahbil amrullah saya juga setuju dengan perhatian pada pola makan dan latihan,yg penting memang pada segi perawatan sebelum tarung,ayam sebagus apapun,jika tidak dirawat secara maksimal,hanya akan merugikan qta pada saat dibawa ke gelanggang.
December 09, 2009

Sahbil Amrullah said:

Lacabbili
...
Meluruskan artikel di atas...Mungkin bukan 5 kali sehari tetapi 5 hari sekali, dan apa yang dipresentasikan di atas sangat baik sekali untuk persiapan ayam turun ke gelanggang. Sebenarnya Latihan persiapan Mental di atas sudah termasuk FULL latihan Teknik, apalagi dengan untul yang mempunyai tipe yang berbeda semakin memantapkan teknik tarung ayam. Namun sebenarnya Faktor Mental adalah faktor bawaan( Heredity). Tetapi walaupun Mental bawaannya (Keturunan) yang baik jika perlakuan terhadapnya (pola makan dan latihan ) yang kurang baik maka pasti akan merusak mental ayam.Saya berterimakasih atas informasi di atas karena menambah pengetahuan saya dalam mempersiapkan mental Ayam untuk turun ke gelanggang.
November 13, 2009

rudy said:

rudy
...
maaf mas. sy mau tanya. klu aym kita jajal terus seperti yg ditulis diatas 5 hari sekali apa 7 hari sekali apa tidak turun urat ? mohon petunjuk
September 25, 2009

cobain said:

cobain
...
wah keren juga caranya boss,,,,,mksh infonya
August 28, 2009

alim said:

alim <YM alim_riant081>
...
seep dahsmilies/grin.gifsmilies/wink.gif
July 29, 2009

nazal said:

nazal
...
Buat Ir.Batara, saya tunggu comment-nyasmilies/smiley.gif
April 30, 2009

nazal said:

nazal
...
Thanks buat infonya bang ....
April 29, 2009

racha said:

rochmad
...
mantab abis bang infonya, bnr2 nambah pengalaman aku...
April 24, 2009

arif said:

Arif
...
Info yang sangat bagus.. makasih banga adek..
April 20, 2009

achmad Hussein F said:

achmad Hussein F
...
smilies/grin.gif makasi bang, mantap bener infonya....
March 12, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy