You are here: Home Artikel Seputar Perawatan Rawatan Gelanggang: Part 01 - Phisik

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Dec
31
2008

Rawatan Gelanggang: Part 01 - Phisik

( 680 Votes )
Merawat Untuk Turun ke Gelanggang
Menurunkan ayam ke gelanggan adalah hal yang paling penting untuk mengukur sejauh mana hasil ternakan ataupun hasil rawatan kita pada ayam selama ini. Akan tetapi turun gelanggang juga menjadi momok bagi kebanyakan penggemar karena disinilah nama dan ayam bangkok yang kita miliki sesungguhnya di ukur sejauh mana kualitas dan ketahanannya. Dan inilah yang membuat kebanyakan penggemar selalu ragu untuk turun ke gelanggang.
 
Menurunkan ayam bangkok ke gelanggang bukanlah suatu hal yang mudah. Karena ayam harus benar-benar dalam kondisi yang prima baik dari sisi mental, daya tahan, tenaga, kecepatan dan faktor penting lainnya. Karena bila tidak, tak jarang turun ke gelanggang hanya membuat kita mengorbankan ayam yang kita miliki dan tak jarang penggemar yang pulang dari gelanggang harus membawa muka merah akibat kekalahan yang diterima. Sehingga kapanpun kita memutuskan untuk turun gelanggan, maka segala sesuatunya harus siap, baik untuk ayam maupun kita sendiri. Karena apapun ceritanya, sebagus manapun rawatan ayam yang telah kita lakukan, yang namanya Ayam akan tetap kalah sama Ayam. Dan sampai sekarang tidak ada yang bisa menjamin kalau ayam yang kita miliki akan selalu menang di gelanggang.
 
Disini kami akan mencoba untuk men-share sedikit tips untuk mempersiapkan ayam yang akan diturunkan ke gelanggang, khususnya di dalam melakukan latihan phisik.
 
Persiapan Phisik Ayam
Ayam yang akan turun ke gelanggan, biasanya kami berikan training minimal selama 30 hari penuh. Beberapa training yang kami lakukan setiap harinya yaitu:
 
Memberikan sedikit senam pada ayam di pagi hari (antara Jam 8-9 pagi) untuk melatih dan melenturkan otot2. Training2 yang dapat dilakukan antar lain:
  • Senaman leher, dengan cara memutar leher ayam dengan tangan kearah kiri dan kanan sebanyak  masing2 30 putaran Putaran jangan dilakukan terlalu cepat, lakukan kira2 1 detik per putaran. Fungsi senaman leher adalah melatih otot2 leher agar lebih lentur sewaktu menekuk leher lawan ataupun mencari kepala lawan untuk dipukul.
  • Senaman badan, dengan cara memutar badan ayam kearah kiri dan kanan masing2 30 putaran. Ayam diputar dengan cara memasukkan tangan kita ke salah satu celah sayap ayam dan memutarnya secara perlahan (putaran kanan tangan di sayap kir, dan sebaliknya). Fungsi senaman badan adalah untuk membiasakan ayam melakukan putaran saat bertarung, khususnya posisi kaki2 dan badan.
  • Senaman sayap + kaki, dengan cara mengangkat ayam pada dada dengan menggunakan telapan tangan. Ayam akan terlihat seakan-akan memberikan pukulan kaki ke lawan di depannya sekaligus mengepakkan sayapnya. latihan ini dapat diberikan 30 kali.
  • Senaman kaki, dengan cara menekang punggung ayam ke arah bawah sambil mendorongnya ke arah depan. Latihan ini biasa disebut dengan push-up ayam. latihan juga dapat diberikan 30 kali setiap harinya.
  • Senaman sayap, dengan cara menjantur ayam. Dalam menjantur ayam, jangan sekali2 melakukan janturan secara statis, maksudnya ekor ayam dipegang trus menerus di atas sampai beberapa detik. Janturan statis hanya akan membuat kerusakan pada ekor ayam dan tak jaran menyebabkan kerusakan pada pinggang ayam. Janturan yang lebih bagus akan "Janturan ikutan". Dimana ayam diangkat setinggi2nya dengan kedua tangan, satu tangan memegang dada ayam dan satunya lagi memegang ekor di dekat panggal. Kemudian tangan di dada ayam di lepas sambil tangan satunya yang memegang pangkal ekor ikut turun kebawah searah dengan jatuhnya ayam. Latihan ini dapat dilakukan 5-10 kali.
Senaman di atas sudahlah cukup di pagi harinya dan biasanya akan memakan waktu 5-10 menit untuk menyelesaikan seluruh senaman tersebut. Setelah ayam mendapat senaman2, maka ayam kita lepaskan sebentar untuk melemaskan kembali otot2nya sekitar 5 menit, kemudian langsung bisa dimandikan dan dijemur di panas pagi hari. Memandikan ayam tidak perlu terlalu basah, ini hanyalah untuk menyegarkan ayam setelah memperoleh senaman.Ayam dijemur jangan terlalu lama, 15 menit waktu penjemuran sudahlah cukup. Dan setelah dijemur, ayam bisa dilepas kembali ataupun dimasukkan ke kandang umbaran sampai  siang hari. Dan di siang hari ayam diistirahatkan di kandang tidurnya, kalau istilah kami diberikan "Bobok Siang".
 
Setelah memperoleh Bobok Siang, di sore hari di pukul 16.00-17.00 ayam kembali kita beri training. Training yang akan kita berikan adalah "Training Lari" yang dapat dilakukan melalui lari kurung/songkok (sorry kalo istilahnya beda di kota lain, yang saya pakai adalah istilah medan hehehe).
 
Untuk lari kurung, alat bantu yang kita perlukan yaitu sepasang kurunan ukuran besar dan kecil dan 1 ekor ayam pejantan lainnya. ayam jantan lainnya di letakkan di dalam kurungan kecil, kemudian ditutup kembali dengan kurungan besar sehingga terdapat jarak sekitar 10cm. Kemudian ayam yang akan kita latih dilepaskan di luar kurungan besar. Bila kita lakukan hal ini, maka ayam yang menerima latihan akan mencoba untuk bertarung dengan ayam yang terletak di dalam kurungan kecil. Dan karena adanya jarak antar kurung kecil dan besar, maka ayam akan trus mencari2 celah untuk bertarung yang akhirnya membuatnya berlari trus menerus mengelilingi kurungan besar. Lari ayam akan dimulai perlahan dan semakin cepat sejalan dengan semangatnya untuk bertarung. Latihan ini bisa kita lakukan 15-30 menit setiap harinya.

 
Setelah memperoleh latihan lari, ayam kembali kita lepaskan 5 menitan untuk melemaskan otot2nya. Dan setelah itu ayam akan kita berikan vitamin dan suplemen yang akan kami jelaskan pada tulisan berikutnya.

 
Hal yang perlu diingat, jangan terlalu memaksakan latihan/senaman ayam. latihan/senaman di atas dapat ditingkatkan jumlahnya sejalan dengan perjalanan latihan dari hari ke harinya.
 
Terima kasih,
AyamBangkok.COM

Comments (30)add comment

agung budi prastyo said:

agung budi prastyo
...
nice share bung, thanks very much,..smilies/wink.gif
June 13, 2012

fahriannor said:

fahri
...
info yg sangat bermanfaat bagi pemula spt saya,,tengkiyusmilies/grin.gifsmilies/grin.gif
February 05, 2012

Richard said:

Richard
...
setelah saya baca seluruh artikel yang ada.. sangat gamblang penjelasannya. sehingga mudah buat kami para pemula untuk mem praktekkannya..
Hanya kalau cuaca lagi mendung waktu penjemuran apakah kita tetap memandikan ayamnya?
Thanks banget! Bravo!
November 26, 2011

Heronady said:

Heronady
...
salam kenal teman2 semuanya,
saya pendatang baru,,,,

@aldi : clo melatih ayam dengan lari kurungan itu tidak akan menyebabkan ayam mati sebelah sebab ayam pada umummnya memiliki sifat lari bolak-balik. inti dari melatih ayam dengan lari kurungankan agar ayam selalu bergerak sehingga fisik si ayam terbentuk. jika anda takut ayam anda mati sebelah anda bisa menempatkan kurungan dekat dinding sehingga ayam tidak mungkin lari berputar.

sebenarnya saya penghoby sabung taji pisau, tapi mau ikut berkonstribusi di forum ini untuk dapat pengetahuan lebih tentang ayam aduan,,,,,,
October 29, 2011

eka sakti said:

eka sakti
...
Thank's atas info.y bang,,ini bisa jdi pelajaran berhrga bagi kami yg masih junior...smilies/wink.gifsmilies/wink.gifsmilies/wink.gifsmilies/wink.gif By. Arman Sulsel
August 14, 2011

bezo said:

indra bayu
...
yang penting ayam tuh di azak ngomomg dan minum kopi bareng
trus tanya siap perang kagak lu yamm
February 02, 2011

ALDI said:

boy kesawan
...
ada yg bilang ke saya bahwa lari kurung bisa membuat ayam mati sebelah, dalam artian. jika ayamnya nyaman dengan lari ke kanan maka dia akan selalu lari ke kanan tok. sehingga kirinya mati. Akibatnya waktu main dia hanya bisa membelit dari kanan saja..

apakah betul.. mohon komen dari kawan2
December 21, 2010

Imam munandar said:

Acong
...
Rutinkah ayam di beri latihan lari kurung dalam setiap harinya? mohon pencerahannya..
June 16, 2010

safri said:

safri
...
no comen,mantap betul
March 09, 2010

Rangga said:

Rangga
...
Apa bleh ktika menjantur ayam peganganya dubur ayam.
March 07, 2010

Jawir said:

jawir
...
seperti,, dipasung dong atau dipenjara..wkwkwkwk
February 28, 2010

mey_vanks said:

mey_vanks
...
manntaappp....berarti hrs seharian d kurungan ayam tuch...
February 22, 2010

esa said:

esa
...
ayam yg di lari kurung sebaiknyya sebelum makan
February 18, 2010

erhan said:

erhan
...
Bang..ayam lari kurung sore hari,sebelum atau sesudah makan ?
February 05, 2010

Ponka said:

Ponka
...
Bang, kalo lompatan ayam dinaikan jumlahnya dari 30 kali ke 50 kali boleh ga? Saya ga berani ncobanya krn takut ayam saya turun urat. Mohon pencerahan bang. Thanx sebelumnya bang
December 11, 2009

Sahbil Amrullah said:

Lacabbili
...
Setuju sekali dengan teknik Melatih pada artikel di atas,..Dan Ayam juga harus diberi Latihan dengan Prinsip yang sama dengan seorang petarung pada cabang olahrahga beladiri seperti tinju, karate dsb,..Namun sampai sekarang saya masih penasaran bagaimana cara melatih : a. Kecepatan pukulan b.Daya Tahan dalam memukul cepat(speed endurance) karena menurut saya faktor kecepatanlah yang paling menentukan bobot pukulan pada ayam.Saya menanti informasi dari rekan-rekan semua...Makasih
November 12, 2009

faizal abdi said:

faizal abdi
...
Ya betul Bang Andri Kurniawan............... Tolong Kami di ajari cara melatih ayam dengan rinci, untuk ayam yang punya type bertarung yang bermacam2 itu.
misal untuk ayam pukul yang mengandalkan kecepatan dsb. Saya rasa AYAM LAGA dan Komunitasnya sangat mengharapkan tulisan Pakde Jafar terutama untuk para pemula seperti saya. Matur Nuwun..................................smilies/smiley.gif
August 30, 2009

andri kurniawan said:

andri kurniawan
...
@pakde japar: senam lantai apa maksudnya?? apa sama dengan di keramik? mohon penjelasan lebih detil....trims
August 29, 2009

cobain said:

cobain
...
gimana kalao nambah dilatih renang juga untuk melatih otot sayap dan kaki, trus dilompat-lompatkan juga seakan-akan ayam sedang bertarung
August 28, 2009

Milzam said:

Milzam
...
di malaysia, ayam dalam kurungan tidak boleh dibiarkan terdedah dan dikelilingi atau dicabar ayam diluar kurungan. nanti jadi bacul dan mengalah dengan ayam yang mencabar dari luar kurunga.
August 05, 2009

faizal abdi said:

faizal abdi
...
Gimana dengan latihan ayunan? Ayam diayun dengan seutas tali yang dibentangkan, tali tersebut sebesar cengkeraman jari ayam atau dengan sebatang kayu bulat yang bisa berputar 1/4 - 1/2 putaran. Maksudnya untuk melatih otot bagian paha dan sayap ( karena sayap selalu mengepak untuk mencari keseimbangan )
Mana Yang lebih baik ayam diistirahatkan (tidur) dengan bertengger atau dudk dilantai kandang?
Mohon petunjuk dari para senior sekalian. Terima kasih buanyak.........................................
August 03, 2009

alim said:

alim <YM alim_riant081>
...
maaf ne mau tanya itu apakah cara rawatan untuk ayam pukul /jaliu? setau sy perawatan ayam jalu dan ayam pukul itu kan beda bang? mhon infonya yasmilies/smiley.gif
July 29, 2009

Pakde Japar said:

Pakde Japar
...
Mohon agar penjelasannya diksh gambar/sket..biar lbh mudah dicerna..Oia, omong2 rawatan yg diatas kurang memperhatikan watak ayam..kasian ayam bagus bs rusak bila tdk dipraktekkan dgn baik..cara2nya tdk akan dpt mempertahankn gelar ayam jawara kita sebanyak mungkin..Sy sering menemui & pernah punya ayam menangan hingga 30 kali lebih di Undangan..rawatannya kurng lbh sama, jemur, jantur, senam lantai, puteran, & umbaran yg baik dll..Ayam punya otot & syaraf jutaan, ini yg hrs dijaga..tehnik ayam dpt berkembang & menurun diawali oleh latihan fisik yg baik & benar..semua harus berdasarkan pengalaman & tradisi turun menurun nenek moyang kita..maaf komen sy agk mmprotes..ini agar AYAM LAGA LEBIH BAIK LAGI dlm menampilkan artikel2..
June 12, 2009

nazal said:

nazal
...
Semoga Ir.Batara sudi meluangkan waktunya untuk menulis/menyumbang artikel tentang ayadu di ayamlaga.com.
Comment-nya aja sangat bermanfaat apalagi seandainya Beliau mau mengulas secara lebih luas & detil.
Salut buat Beliau, saya sangat menunggu tulisanya.....smilies/smiley.gif
Salam.
April 30, 2009

nazal said:

nazal
...
Thanks bang buat infonya....bagus...
Buat ir.batara thanks juga ......
April 29, 2009

arif said:

Arif
...
wah seperti atlet tinju kali ya bang.. atau atlet gulat.. smilies/grin.gif
April 25, 2009

ir.batara said:

ir.batara
...

Menambahkan artikel di atas :

Latihan fisik pada artikel di atas adalah latihan standar ayam laga. Tahap yang lebih berat adalah sparing melawan 2 atau 3 ayam sekaligus (setiap ronde ayam melawan musuh yang baru dan berlainan). Pergantian lawan pada setiap ronde tersebut melatih ayam untuk bisa beradaptasi dengan berbagai gaya tarung lawan, dan melatih ayam untuk tetap bergerak (mobile) lincah sepanjang pertarungan.

Yang harus diingat, setelah ayam di-sparing atau latihan fisik berat, ayam perlu waktu sedikitnya 2 hari untuk menormalkan kembali kondisi otot. Dilarang memberi latihan fifik berat atau men-sparing ayam yang akan diadu pada 2 hari ke depan, karena ayam bisa mengalami kelelahan otot, keram, atau tremor (bergetar). Selain itu, semakin berat latihan fisik ayam, semakin perlu ayam tersebut diberi makanan yang bergizi tinggi.
April 25, 2009

arif said:

Arif
...
rawatan komplit dari bang adek..
April 20, 2009

achmad Hussein F said:

achmad Hussein F
...
ya .. MANTUL..(mantap betul)smilies/cheesy.gif
March 22, 2009

Jackone said:

Taufik Kurniawan
...
Metodenya anda sangat tepat dan seharusnya bisa di terapkan oleh penghobi kepada ayamnya yang benar-benar ingin menjadi petarung sejati. .... " KEPADA REKAN PENGHOBI METODE INI SANGAT BAIK UNTUK LATIHAN DASAR YANG HARUS DI LALUI OLEH SETIAP CALON PETARUNG SEJATI " .... jangan lupa vitamin...+.... madu telur.... dan tonikum...
......
Bravo Ayambangkok.Com
February 06, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy