You are here: Home Artikel Seputar Perawatan Merawat Anakan Ayam 1-4 Bulan

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Dec
24
2008

Merawat Anakan Ayam 1-4 Bulan

( 786 Votes )
Merawat Anakan Ayam 1-4 Bulan
Sejak anakan menetas sampai umur 4 bulan merupakan masa pembentukan phisik ayam bangkok, di umur-umur inilah kita seharusnya dapat memberikan konsumsi pangan dan kebebasan gerakan yang maksimal. Bila tidak, maka upaya membesarkan ayam akan menjadi sia-sia.

Anakan yang memiliki konsumsi pangan dan gerakan yang minim di umur sampai dengan 4 bulan akan memiliki postur dan kekuatan phisik yang tidak maksimal sehingga tidaklah layak untuk diturunkan di gelanggang.



Anakan ayam sampai dengan umur 4 bulan harus menerima konsumsi pangan yang seimbang baik untuk protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan air. Dalam kebiasaan sehari-hari kami di dalam memelihara ayam bangkok, anakan umur 1-4 bulan akan diberikan pangan yang berupa pakan buatan pabrik yang dicampur dengan susu tepung untuk anak bayi. Komposisi campuran yang kami gunakan adalah 1:5 (Contoh: 1 kg susu dicampur dengan 5kg pakan).



Kadang memang terasa lucu maupun aneh, mengapa kita mencampurkan susu tepung anak ke dalam pakan akan ayam, akan tetapi bila dilihat dari hasilnya akan sungguh berbeda bila kita tidak melakukannya. Anakan akan memiliki pertumbuhan yang sangat bagus baik untuk tulangan, otot, bulu maupun bagian tubuh lainnya. Susu yang digunakan tidak perlu susu yang mahal, karena susu murahpun sudah cukup kandungan protein, karbohidrat, mineral dan vitaminnya. Dan komposisi ini sangatlah baik dan diperlukan untuk pertumbuhan anakan ayam. Dan bila kita telah mencampurkan susu tepung ke pakan anakan ayam, maka kebutuhan pakan lainnya seperti mineral maupun vitamin sudah tidak perlu terlalu dibutuhkan karena telah tersedia pada kandungan susu.



Dari hasil yang akan diperoleh, apalagi kita membandingkan anakan yang diberikan campuran susu dan yang tidak, maka akan terlihat perbedaan pertumbuhan anakan yang jauh berbeda. Anakan ayam yang diberi pakan dengan campuran susu akan terlihat lebih energik dan memiliki postur tubuh yang lebih kuat dibanding yang tidak. Jadi bagi kami, kebiasaan mencampur susu dengan pakan anakan ayam menjadi hal yang harus dilakukan. Karena sangatlah disayangkan bila kerja keras kita untuk membesarkan anakan menjadi sia-sia belaka sewaktu ayam menginjak umur perawatan untuk tarung akibat rendahnya kandungan gizi sewaktu ayam masih kecil. Akhir kata, apapun kesimpulannya, ayam bangkok memang dilahirkan untuk dinikmati gaya tarung ataupun postur tubuhnya yang indah jadi apapun alasannya, konsumsi pangan yang tepat sewaktu membesarkannya adalah hal yang sangat mutlak.



Terima kasih,

AyamBangkok.COM

 

Comments (37)add comment

Azis maulana said:

Azis maulana
...
maaf para seior,saya mau bertanya nih,pakan yang baik untuk aya 0-2 bln apa ya? Apakah ayam pada fase umur itu membutuhkan ransum tambahan?
Mohon pencerahan'ya
March 26, 2012

fahri said:

fahri
...
ilmu yg sangat bermanfaat bagi saya,trims bang adek and trims AL com,salam
February 20, 2012

Heronady said:

Heronady
...
salam kenal teman2 semuanya,
saya pendatang baru sekedar mau menyapa,,,
sebenarnya saya penghoby sabung taji pisau, tapi mau ikut berkonstribusi di forum ini untuk dapat pengetahuan lebih tentang ayam aduan,,,,,,
October 29, 2011

Jehansawahanan said:

Jehansawahan
...
kalo anak ayam saya, tak kasih bubur untuk balita(SUN ASI BERAS MERAH) apakah gizinya sama dgn susu
thank
tlong
DIJAWAB
May 11, 2011

badungbandung said:

Dinar SP
...
mmana lebih bagus,anak ayam yg makan sendiri atau anakan yg disuapin/diloloh smp kenyang.. mohon pencerahan dari para senior
April 20, 2011

Dinar SP said:

Dinar SP
...
mnurut teman2, mana lebih bagus antara anakan yg di umbar n cari makan sendiri, dengan anakan yg biasa di cekokin/di loloh lalngsung pake tangan... mohon masukan nya. tq
April 20, 2011

kamandaka said:

kamandaka
...
pakai susu buat ayam,apa gak tambah biaya?....Ya,kalo anakannya bagus2....sedang untuk nilai jual masih tanda tanya,laku berapa.
October 14, 2010

batara said:

ir.batara
...
SUSU UNTUK AYAM
Banyak peternak yang puas dengan hasil pemberian susu pada ayam. Ayam lebih sehat, besar, dan kuat. Namun. ada pula yang meragukan meski fakta empiris membuktikan demikian.
Dari literatur diketahui ayam tidak mempunyai enzim laktase untuk memecah gula susu sehingga kelebihan susu akan menyebabkan ayam menjadi kembung (akibat fermentasi bakteri) dan mencret. Mengapa aplikasi pemberian susu justru mampu menampilkan performa ayam yang bagus dan seolah2 bertentangan dengan teori nutrisi? Jawabnya : 1. Kadar susu yang diberikan pada ayam hanya sedikit, umumnya sekitar 2--5% sehingga efek samping tak muncul (susu mengandung laktosa yang merupakan gabungan glukosa dan galaktosa yg kadarnya 4,9% pada susu cair dan 40--47% pada bentuk kering); 2. Pencerna laktosa (gula susu) bukan hanya laktase dan mikroba, namun asam lambung pun bisa memecahnya (bahkan asam lain seperti HCL encer, H2SO4 encer dan asam2 kuat encer lainnya dapat memecahnya).
Satu-satunya masalah dalam pemberian susu adalah belum diketahui dengan pasti kadar pemberian maksimumnya dan harganya yang mahal. ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it / This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it '> This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it )
October 07, 2010

Templar said:

Templar
...
bos,kalo sudah 4 bulan lebih apa baiknya di pisah,terus pakan buat anak ayam lebih dr 4 bln apa donksmilies/cool.gif
September 05, 2010

Rangga said:

Rangga
...
iya mas masalah pakan nich kalau pakai makanan bayi bu2r promina gmana mas...?smilies/smiley.gif
January 22, 2010

ronny said:

ronny
...
klo saya sih bagi2 pengalaman anak ayam saya usia 1bln di kasih 591(5kg)+br1(1kg)+kacang ijo(1kg)+kacang kedelai(1kg)+beras merah(1kg) di giling halus campur susu bubuk 5 sachet hasil nya lumayan kok ayam keliatan tdk terlalu gemuk tpi berat dan padat,untuk tulangan tiap 1minggu sekali saya kasih kalk(1/2 tablet) dan minyak ikan+vit c+b12 ipi yah ayam jdi keliatan lebih seger dan tahan terhadap penyakit(tiap 3hari sekali di jemur di matahari pagi tpi cma 5-10menit aja di alasin pasih biar bisa kipu2(jangan lupa anak ayam dri usia 1bln dibiasakan makan sayur mayur yg di cincang halus) selamat mencoba semoga bermanfaat
January 06, 2010

Teddy Kurniawan said:

Nyoo Ju Sin
...
kalo dikasih pur 591,592,593,511 dicampur trus ditambah 1 kalq,1 butir minyak ikan,suplemen vit lengkap... trus minum susu tepung bayi.. pasti bertulang besar kuat kokoh .. deh kira2 tolong cobain.. y...smilies/cool.gif
January 04, 2010

Sahbil Amrullah said:

Lacabbili
...
Untuk Ir. Batara,...Kalsium dalam bentuk tablet yang banyak di jual di Apotik,..apa boleh diberikan ke ayam, kalau boleh sejak usia berapa bulan, dan takarannya bagaimana? mohon infonya.
November 14, 2009

rudi said:

rudi
...
kalo saya biasanya setelah bertelur yang ketiga mas
October 03, 2009

uban said:

uban
...
bebotoh yg senior untuk indukan yg masih dara pada saat umur berapa untuk di kawinkan supaya anakannya bagus
September 27, 2009

rudi said:

rudi
...
kalo ditambah tepung tulang menurut saya bagus mas, dan memang dianjurkan karena kaya akan mineral terutama kalsium dan fosfor, namum berapa persentasenya dari makanan keseluruhan tergantung jenis makanan pokoknya
September 19, 2009

cobain said:

cobain
...
kalau misalnya ditambah tepung tulang kira22 gimana mas????atau tepung darah???mksh
September 18, 2009

rudi said:

rudi
...
pemberian pasir sebagai alas kandang memang membuat ayam lebih gesit dan kuat. Hal ini disebabkan bergerak diatas pasiir terutama pasir halus lebih sulit daripada diatas alas yang datar seperti kayu atau kawat, karena adanya hambatan dari pasir, pertumbuhan otot-otot akan lebih terangsang, dengan catatan pakan yang diberikan mencukupi nilai gizi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan.
September 09, 2009

aris setiyawan said:

aris setiyawan
...
maaf kl boleh berbagi .... sy kl ayam br menetas smp 1 bln dlm kandang boxnya dasarnya sy ksh pasir laut koq hslnya ayam terlihat lincah, gesit & pertumbuhannya terlihat lbh cepat. apa itu pengaruh pemberian pasir dlm dasar kandang ato yg lainnya ? mohon petunjuk para bebotoh senior
September 08, 2009

gamcanthoy said:

gamcanthoy
...
Hanya sedikit ilmu yang saya punya, jadi sedikit juga yang saya bagi. Pertumbuhan mental erat kaitannya dengan pertumbuhan fisik. Bila lingkungan makro & mikro baik, anak ayam akan jauh dari stres. dan ini membantu pertumbuhan anak ayam jadi lebih baik. Anak ayam yang terlalu sering dipegang konon pertumbuhannya tidak sebaik dengan yang jarang dipegang.smilies/cool.gif
September 07, 2009

alim said:

alim <YM alim_riant081>
...
bang mau tanya,,biasanya suplemen2 apa aja yg perlu dkshkan ke anakan ayam? takarannya gmna bang?
July 29, 2009

endah said:

endah
...
lam kenal semuanya....mau tanya nih,kalo anak ayam 1 sd 4 bulan makanannya apa?disajikan kering apa basah?trus umur 4 sd 10 bln makanannya juga apa?kering/basah?trus kenapa ya,ayam sy umur 2bulan bulunya sudah banyak dan rapi,umur 6bulannya juga,sudah rapi dan berminyak,penampilannya ok lah,tapi badannya kurang gemuk,cuma kelihatan gemuk karena bulunya,udara disekitar saya itu cukup panas,apa karena pola maknannya?mohon pencerahannya dari para bebotoh senior....
July 25, 2009

manung said:

manung
...
@ john connor: di jogja vitamin plus kalsium dijual di puskeswan kota seharga 5rb rupiah per botol. pemberian ekstra fooding jangkrik g masalah, karena pada dasarnya ayam umbaran makan apapun yang dia mau, termasuk kalo dia menemukan serangga semacam jangkrik.
June 21, 2009

john connor said:

john connor
...
sy ga bisa menemukan vitamin yg juga mengandung kalsium??rata-rata mengandung antibiotik.apakah itu boleh?kalau ayam dikasih makan jangkrik boleh tdk??sy biasa kasih makan jangkrik seminggu sekali ke ayam sy.hasilnya ayam jadi gesit.ayam sy baru umur 4 bulan.
June 20, 2009

manung said:

manung
...
saya bagi pengalaman dikit nee, ayam setelah menetas langsung dipisahkan dan di beri penghanagt dalam bentuk apapun g masalah. setelah itu pemberian pakan voer lembut (saya pake AD) dalam keadaan kering sedikit demi sedikit yang penting habis dan ayam terlihat kenyang dan jgn lupa di siapkan minum. pemberian makan macam gini bisa sampai ayam umur 1 bulan, berikutnya di beri pakan dalam kondisi basah banyak airnya, perhatikan takaran dari jumlah pakan yang tersisa (jika kebanyakan, ato sebaliknya), sampai usia ayam 4 bulan di berikan 2 kali sehari secara teratur( pola makan teratur mempengaruhi nafsu makannya). pemberian extrafooding cukup mineral yang dijual di puskeswan(multivitamin dan kalk). jangan lupa vaksin paling tidak sampai usia 4 bln tiga kali,seminggu, satu bulan dan empat bulan . thx mohon maaf jika tidak berkenan, salam
June 13, 2009

nazal said:

nazal
...
It's ok bro Adi,,,di sini ajang bertukar pikiran & sharing pengalaman. Jadi, punya pendapat & pengalaman berbeda bukan lah hal yang tabu,,,,viva ayamlaga.com,,,
June 01, 2009

Jane Adi said:

Jane
...
maaf saya paling tidak setuju dengan pemberian susu. secara alami ayam adalah jenis burung ia tidak memerlukan susu,klo mau nambah garang dan sehat beri aja semacam insekta (serangga), karbohidrat didapt dari bijibijian dan mineral dari hijauhijauan.jika di biarkan secara bebas ayamlebih suka nangkring bahkan bertelur diatas,tidak di bawah maka petarangan yang baguspun tidak dekat dengan tanah. susu adalah untuk mamalia yang lebih lagi dalam waktu 3jam ia akan terkontaminasi dan mengandung racun. bagaimanapun jenis unggas tidak membutuhkan susu...ini pendapatku lho....
May 30, 2009

perkul said:

perkul laga   087 884 824 149
...
smilies/grin.gif benar sekali anak ayam yang pakannya dicampur dgn susu manusia (dancow, Bendera) lebih baik pertumbuhannya... ayam merasa sehat, lincah agresip n pertmbhannya cepat sekali besarnya... dan jangan lupa jg tempat lingkungan kandang jg mempengaruhi seperti kebebasan, matahari dan udara yang cukup baik.
krn sy ternak dengan pola sperti itu cukup berhasil loh. trimaksih
May 29, 2009

nazal said:

nazal
...
Bro sayuti, sebaiknya kandang untuk DOC tetap dilengkapi dengan lampu penghangat dan pastikan suhunya pas. Indikasinya, DOC menyebar rata disekitar kandang - tidak mengumpul / menjauh dari sumber penghangat. Dengan lampu penghangat juga membantu DOC tetap dapat beraktifitas (makan, minum, bergerak) dimalam hari, ini baik untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.
Mengenai kaki bengkok (pengkor) banyak disebabkan kurang seimbangnya kandungan mineral dalam ransum. Untuk mencegahnya, berikan ransum yang cukup nutrisi (terutama mineral) - penjemuran di pagi hari (sinar matahari pagi & udara segar) juga sangat baik u/ pertumbuhan fisik DOC.
Semoga bermanfaat.
May 15, 2009

sayuti syah alam said:

komandan ayam
...
iya tuh bener bang nazal ane juga kalo udah netes ane langsung pisahin, karena takut ke injek ame induknya, tapi kaloane gak ane kasih lampu cuma ditaruh di kerdus 'n ane taruh diruang gudang ( dalam rumah ). Pernah ane kasih lampu mungkin kepanasan trus efeknya kaki pada cengkrong alias bengkok, ok bang selamat mencoba
May 14, 2009

nazal said:

nazal
...
buat bro Widodo AS;
Anak ayam bisa langsung dipisahkan dari induknya langsung setelah menetas dan ditempatkan dalam kandang penghangat. Ini biasanya dilakukan oleh peternak yang menginginkan indukannya segera berproduksi kembali. Mengenai pakan, dapat diberikan ransum yang biasa u/ anak ayam broiler dan sebaiknya disajikan kering. Sebab jika disajikan basah ransum akan lebih cepat membusuk/rusak. Pemberian vaksin & suplemen yang diberikan bersama air minum juga dianjurkan.
Demikian semoga bermanfaat.
May 14, 2009

nazal said:

nazal
...
Bro ir.batara makasih banget infonya...bagus....
April 29, 2009

BATARA, IR said:

ir.batara
...
4 bulan adalah batas ekonomis untuk pembesaran ayam. Artinya, sampai batas tersebut, konversi ransum sangat baik (tiap gram ransum yang diberikan menghasilkan gram bobot badan yang signifikan.
Pemberian susu pada ransum ayam usia muda sangat baik dari sisi gizi. Kandungan terpenting susu adalah mineral kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang (kandungan lainnya seperti mineral, lemak susu, karbohidrat, protein, dll , tidak istimewa). Namun pemberian susu sebanyak 1 kg ke dalam 1 kg ransum tidak ekonomis.
Pemberian susu tersebut bisa dikurangi menjadi 1/4nya dengan catatan, ayam diberi tambahan kalk/kapur (kapur tembok yang tak aktif pun bisa, bahkan pecahan batako pun bisa) dan minyak ikan. Ransum ayam sebagai pencampur susu sebaiknya berupa voer untuk ayam broiler di bawah usia 1 bulan karena kandungan gizinya lebih baik.
Untuk anak ayam di atas usia 1 bulan, voer dapat diganti dengan ransum lain yang bisa anda buat sendiri. Untuk anak ayam yang dipelihara dengan umbaran (ekstensif atau semi intensif) formulanya sebagai berikut : 8 kg bekatul + 2 kg konsentrat ayam petelur + 1/4 kg susu (pemberian secara basah).
Selamat mencoba, jangan heran kalau anak ayam Anda akan nampak besar, kekar, dan keras. Jika ada pertanyaan khusus, silahkan hub: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it '> This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . (IR. BATARA)
April 09, 2009

opix said:

opix
...
untuk pemberian pakannya kering atau basah? atau umur berapa bln bisa dikasih makanan basah?smilies/smiley.gif
March 30, 2009

Widodo AS said:

Widodo AS
...
Bang Adek, umur berapa anak ayam sebaiknya dipisah dari induknya terhitung setelah menetas ?
untuk pemberian makannya yg baik kering atau basah ?
Thang Kyu.....smilies/wink.gifsmilies/wink.gif
March 23, 2009

ALDI said:

boy kesawan
...
Bang adek... selama ini menurut pengalaman abang manakah lebih baik memisahkan anak dengan induk atau bersama induk?... mohon pencerahan...smilies/smiley.gif
March 18, 2009

apay said:

apay
...
apa lebih baik di tambah lagi tepung ikan pada makan pabrikan selain tepung susu tadi
January 08, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy