You are here: Home Artikel Seputar Pembiakan Introduction Pembiakan Ayam Bangkok

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Dec
15
2008

Introduction Pembiakan Ayam Bangkok

( 1270 Votes )
 
Mengawinkan sepasang Ayam Bangkok bukanlah pekerjaan yang sulit, terutama bagi peternak yang sudah berpengalaman.  Hal yang sulit adalah mencari bakal Pejantan dan Indukan yang berkualitas tinggi. Mengawinkan induk bisa dilakukan di kandang umbaran atau dengan sistem kawin tembak (doddogan). Caranya induk betina dipegangi, lalu induk jantan akan mengawini si betina. Cara ini terkenal paling efektif dan cepat menghasilkan keturunan. Induk jantan yang baik biasanya tidak terlalu sulit dikawinkan dengan cara dogdogan.  Jika induk jantan tidak mau mengawini induk betina dengan cara dogdogan, sebaiknya induk jantan dan induk betina dikawinkan di dalam kandang umbaran.
Satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina.  Perkawinan juga bisa dilakukan secara inseminasi buatan, tetapi cara ini jarang dilakukan karena cara perkawinan alamiah terhitung cukup gampang dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membeli peralatan inseminasi.
 
Induk yang telah dikawinkan akan bertelur seminggu setelah dikawinkan.  Induk betina ayam bangkok bertelur terbatas, tidak lebih dari 20 butir setiap periodenya.  Hal ini berbeda dengan ayam kampung yang bisa bertelur sampai 40 butir untuk setiap periode. Telur-telur tersebut bisa dierami oleh induknya atau ditetaskan di dalam mesin tetas.  Untuk usaha skala kecil, penetasan bisa dilakukan oleh induknya, tetapi untuk usaha berskala besar, terutama peternakan yang menjual anakan (DOC), penetasan dengan mesin tetas dapat mempercepat kapasitas produksinya.
 
Anak ayam menetas setelah dierami oleh induknya selama 21 hari atau sama dengan penetasan menggunakan mesin tetas.  Anak ayam yang baru menetas bisa ditempatkan dikandang postal setelah berumur dua hari. Kandang postal anak ayam dilengkapi dengan pemanas yang berfungsi sebagai induk buatan.  Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengawinkan ayam bangkok adalah tidak mengawinkan saudara sekandung (berinduk sama).  Namun perkawinan antara induk (F1) dan anak (F2) masih diperkenankan.  Begitu juga dengan perkawinan antara induk (F1) dan cucu (F3).
 


Terima kasih,

AyamBangkok.COM
Comments (37)add comment

titis anggalih said:

titis anggalih
...
mo tanya,knp ga blh ngawinin ayam yg sekandung,tlng pencerahannyasmilies/shocked.gifsmilies/shocked.gifsmilies/shocked.gif
June 28, 2012

cibit said:

deddy
...
telur menetas itu di hitung dari telur itu keluar atau indukan betina mulai ngerem?
November 06, 2011

Jehansawahanan said:

Jehansawahan
...
bagaimana kalo membuat tempat bertelur yg baik & ayam itu sukasmilies/wink.gif
May 11, 2011

bowo said:

bowo
...
Apakah bisa membedakan ayam F1, F2 dan F..... kalo kita membeli ayam dipeternak, agar sebagai pemula kita tidak di "kadali" oleh peternak2 yang cuma mau cari untung sesaat. trim and mohon pencerahannya.
January 24, 2011

Sapto Warsito said:

Sapto Warsito
...
mohon pencerahan utk pemula spt saya, yg dimaksud dgn F!,F2 Dan F3 itu apa ????
January 11, 2011

puri said:

puri
...
buat para breder ayam adu mania saya lebih suka ternak aym aduan dengan sistim umbar asal di sengker biar nggag ke campur ama pemacek ayam kampung,sebab kalau di tangkar secara intensif terlalu di porsir induk bangkok bila telah menetas dipisah dengan anaknya beberapa kali berterusan berpengaruh jadi ayamproduktifitasnya nggak langgeng kemudianinduk ayamjadi setres gag mau nelor,nelor tapi jarang2,bahkan majeer sering saya dapati dari peternak yang mengalami demikian dan sayapun pernah mengalaminya.
cuman kualitas dari breeder umbar macm ini kualitasnya mungkin di ragukan akan tetapi bisa di produksi ternak secara massal,,begitu kira2.
salam buat senior2 kita,,,,,,,,smilies/grin.gif
December 29, 2010

Doddy said:

Doddy
...
paksin yg bagus buat ayam apa ya.mohon petunjuk mks.
November 06, 2010

nanda said:

nanda
...
mas sya baru neeh,,,
sya beli indukan yang msih muda lumayan mahal,,,skarang lagi brtelor tpi cuma dkit banget ada 4 butir,,,
trus sya tanya ke tempat sya beli kata dya ayam bangkok msih murni dan bgus telor nya gak pernah lbih dari 7 butir,,
apakah itu bener biang ayam bagus,,,
October 21, 2010

thebhe said:

thebhe
...
Mas maryadi, sama kyk indukanq.. Telurnya sembilan tak cek kok tinggal 4butir.. Yg lain tinggal cangkangnya.. Aq belum nyoba mas.. Tp katane frendq, indukan kyk gthu paruhnya kena bakteri yg rasanya gatal kering, ingin mematuk n membasahi paruh,.. Aq pngn nyoba tapi indukanq masih ngeram.... Mohon diluruskan..
July 05, 2010

perkul said:

perkul laga   087 884 824 149
...
bvagamana kalaw penetasan dgn mesin apakah tdk mengganngu kualitas hasil anak ayamnya ??????
April 09, 2010

maryadi said:

maryadi
...
Mohon maaf pemula tapi udah tua umurnya mohon bantuan Sharing ilmunya... Indukan saya kalau habis bertelur sering dimakan sendiri... Gemana yah caranya (mau nungguin terus.. kan nggak mungkin kapan cari makan hehehe) dan satu lagi nich saya punya 3 pasang original BK gemana baiknya yah apakah sepasang2 dikandang or
dipisah, saat dikawnkan aja disewakan kamar hehehe (disatukan dikandang) tks bantuan teman - teman...
March 15, 2010

liwarz said:

hendra harizal
...
smilies/grin.gifsmilies/grin.gifsmilies/grin.gifsmilies/grin.gifsmilies/grin.gifsmilies/grin.gifsmilies/grin.gifsmilies/grin.gif
February 10, 2010

esa said:

esa
...
esa

sampai sekarang sy msh bingung juga, nentuin ayam bangkok asli atau bangkok turunan (silangan bangkok-ayam kampung) kyk gmn ??,,
kl ayam bangkok turunan masih bagus dan badannya besar ga sih??sebesar ayam bangkok pada umumnya?? ia nih mas klu kecil itu ciri bangkok bukan
January 14, 2010

Rangga said:

Rangga
...
gmn crn lain membuat kemin,truz gmn cr memakainya?terima kasih
January 12, 2010

Hardoko said:

Hardoko
...
semua orang udah tau kecuali orang pekok
January 08, 2010

manung said:

manung
...
@cobain: persilangan akan menghasilkan anakan yang pasti membawa sifat2 ortunya, bahkan engkongnya, baik warna atau tipe tarungnya. coba seleksi sesabar mungkin jangan cepat puas dan gampang menyerah. jangan malu kalo hasil ternakannya gagal, suatu saat pasti akan menghasilkan anakan yang lebih sempurna seperti yang mas inginkan. saya sepakat dengan trah atau darah ayam menangan (kuat menang) untuk breeding, paling tidak kita sudah mengambil slah satu faktor yang menentukan hasil ternakan kita. note: ayam ternakan sendiri tarung ciamik, pukul berat, body tulangan mewah, muka sangar, menangan, laku keras, dambaan kita dan itu sangat mungkin!
September 06, 2009

manung said:

manung
...
@mas faisal: saya tidak tau persis kenapa ayam peranakan bangkok bertelur tidak sebanyak ayam kampung (ayam lokal kita), indukan saya sendiri rata2 bertelor 8-10 butir kemudian mengeram, untuk urusan itu kita hanya bisa berusaha, sisanya kita serahkan yang kuasa mas hehehe...kebetulan saya sepakat sara breeding alami, artinya perkawinan tipe umbaran hanya saja pejantan tidak serta merta di umbar, melainkan di kurung dengan betina yang di umbar, sore hari baru jantan di lepas. kondisi alam, sarang yang nyaman mempengaruhi proses dan hasil pengeraman. coba tanyakan ke dinas pertanian setempat mas, puskeswan mungkin ada informasi. kurang lebihnya thx
September 06, 2009

faizal abdi said:

faizal abdi
...
@Mas Manung........ Saya punya indukan 4 ekor, semuanya masih usia produktif, semuanya kalo bertelur tdk pernah lebih dari 8 butir, bahkan ada 1 ekor yang cuma 6 butir sdh mengeram, sdh saya kasih makan toge kacang hijau dan konsentrat ayam petelur masih tdk ada perubahan, apakah ada pengaruh dari perawatan semasa kecilnya, kondisi alam, sarang tempat bertelurnya, cara breeding, atau sebab2 lain ? Kebetulan PUSKESWAN di daerah saya tidak ada! smilies/angry.gif
Mohon pencerahan.........................trm ksh sebelumnyasmilies/smiley.gif
September 05, 2009

cobain said:

cobain
...
supaya dapat silangan bagus dengan mengambil keunggulan masing22 induk gimana ya mas
August 29, 2009

dermawan said:

dermawan
...
pengalaman buat piara ayam ..... ayam kita juga banyak yang bisa kalahin ayam bangkok .. sebagus apa ayam klo perawatannya kurang ya hasilnya kurang .. ayam kampung bisa jadi bagus kalo breeding nya juga sesuai .. ayam di kampung khan asal aja kawin nya .. gizi nya juga asal2 an .. paling banter dedek .. klo gemuk yaa namanya orkam paling nyampenya ke pasar .. atw jd santapan .. banyak koq ayam kita yang jagoan .. asal dilatih dan gizinya terpenuhi dari breeding yang baik .. bener .. dan sehat.
klo tarung bagus tapi jengger kegedean ya potong aja jenggernya dibikin cepak hehe .. smilies/smiley.gifsmilies/smiley.gif
July 13, 2009

dermawan said:

dermawan
...
Saya penggemar ayam adu
Lama ga piara karena waktu rame flu burung ayam saya banyak yang mati karena disuntik katanya anti flu burung smilies/cool.gifsmilies/tongue.gif
Skarang lagi mo piara lagi ... tapi mo coba ayam adu asli Indonesia hehe
July 12, 2009

Ivenk Zon said:

PEN Kerinci_Jambi
...
Benar skali mengawinkan spasang ayam bangok itu mudah. Tp yg perlu diperhatikan adalah mengkombinasikan antara indukan dan bapakannya apakah udah pas. Misalnya indukan yg sikapnya ngalung, bs dikawinkan dg bapakan tipe sikap/gaya main apapun. Bapakan aym spealis jalu (biasanya pukulan tidak terlalu kasar/berat tp main rata2 bagus), bs dkawinkan dg indukan yg pukulannya kasar/berat. Krn ini nanatinya akan terlihat dari anak yang dihasilkan. Bayangkan kira2 gmana hasilnya jika indukannya main atas kontrol dikawinkan dg bapakan main atas kontrol jg, tentunya kurang ada variasi anakan yg dihasilkan.
July 10, 2009

john connor said:

john connor
...
sampai sekarang sy msh bingung nentuin ayam bangkok asli atau bangkok turunan(silangan bangkok-ayam kampung) ky gmn,,
kl ayam bangkok turunan masih bagus dan badannya besar ga sih??sebesar ayam bangkok pada umumnya??
June 20, 2009

manung said:

manung
...

@mas ahmad husein: saya punya teman peternak yang pengin hasil anakannya bermuka jawa(kampung) bernyali seperti layaknya ayam bangkok. ayam kampung berkualitas bagus biasanya di kenal dengan jawa alus. silangan jawa alus dengan bangkok memungkinkan menghasilkan ayam berkualitas (jika menurunkan sifat2 baiknya), karena persilangan model ini (crossbreeding) masih membawa sifat baik dan buruk, akan lebih sempurna bila anakan hasil ini di kawinkan dengan ortunya, tentunya terlebih dahulu menyortir ayam yang di nilai kurang baik. intinya kita bikin inline breeding yang lebih berpotensi menghasilkan anakan seperti yang di harapkan.
Agak melenceng dari tred ya?, so menurut saya jika kita pintar memilih dan mengawinkan ayam (bangkok ato kampung), sangat mungkin untuk mengasilkan ayam berkualitas. misal: ayam bulu ekor kaya kuda lumping, kaki bulet, jengger wilah, nggombel, kokok panjang, tapi tulangan dan teknik tarung serta kuatnya pukulan ngegirisi, sangat mungkin. saran buat peternak: jangan gampang puas, ayam bagus pastilah ada yang lebih bagus karena memang di adu dengan ayam juga, jangan malu bilang ayam kita jelek karena memang apa adanya, yang punya hak bilang bagus adalah pembeli dan yang berhak menentukan harga adalah peternak atas persetujuan ayam yang bersangkutan.(kon ngomong dw nganggo gawe karo nggitik) salam



smilies/cheesy.gifsmilies/cry.gifsmilies/wink.gif
June 13, 2009

manung said:

manung
...
@mas arif: ayam susah nelor banyak faktor, diantaranya stress, bulu ngurak, usia lanjut, apabila ayam umur produktif dan dalam kondisi sehat mungkin dengan pakan petelor bisa membantu, atau di injeksi A,D,E di puskeswan (cara ini sudah aku lakukan dan berhasil) silakan mencoba, semoga berhasil
June 10, 2009

nazal said:

nazal
...
Buat bro Achmad Hussein; Sayang kalo jago bangkok (apalagi kualitasnya baik) dikawinkan ma babon kampung, anakannya (yang jantan) hampir dipastikan tidak bisa dijadikan jago petarung. Sebab fisik ayam kampung memang tidak memadai untuk berlaga.
Di tempat saya, anakan hasil silangan disebut cokol/bangkok turunan, harga jualnya kurang lebih sama ama jago kampung dan biasanya hanya dimanfaatkan sebagai untulan (untuk sparring) atau dikawinkan ama babon kampung (agar anakannya berbadan besar2).
Semoga bermanfaat.
April 30, 2009

nazal said:

nazal
...
Betul bang ferdi, kecambah kacang hijau (taoge) sangat baik u/ diberikan kepada indukan. Selain meningkatkan produksi telur juga meningkatkan daya tetas telur.
Pengalaman saya (tapi belum dikaji ilmiah smilies/grin.gif ) mengawinkan indukan saat sore hari (sekitar pulul 17-an wib) akan menghasilkan lebih banyak anakan jantan.
Selain itu ada cara untuk menyeleksi/mimilih telur berbenih jantan dengan metode cincin emas yang di gantung dengan seutas benang.
Semoga bermanfaat....
April 29, 2009

nazal said:

nazal
...
Buat penulis, artikelnya bagus tapi akan lebih sip lagi bila disertakan pula sumber tulisan aslinya....
Semoga bermanfaat.
April 29, 2009

achmad Hussein F said:

achmad Hussein F
...
kata botoh lama di tempat saya... kadang ayam jago bangkok kalo di kawinkan ama babon kampung nanti anaknya bisa kelihatan... maksudnya apakah ikut gen bapak ato emaknya...? g mana kira2 menurut pengalaman temen2 ada yang melakukan ini.. ? dan apakah terbukti.. smilies/sad.gifsmilies/cry.gif
April 28, 2009

arif said:

Arif
...
Kalau vit e.. ok.. berguna untuk fertilitas.. tetapi kalau inngin dominan jantan speperti yang di tanyakan Oleh Bang Firman gimana ya?
April 23, 2009

brudin said:

brudin
...
Bagai mana penanganan terhadap ayam yang paruhnya patah / terlepas. !!!!!!
April 22, 2009

aris kmp said:

aris setiyawan
...
Bagamana cara mengatasi ayam yang susah nelurnya ?
April 20, 2009

Firman Kelana said:

Firman Kelana
...
smilies/smiley.gifBagaimana mengawinkan agar anakannya banyak jantan
April 10, 2009

ferdi said:

john gultom
...
bang izzi menurut saya kasih kecambah kacang hijau aja soalnya relatif murah dan gampang di dapat. berguna untuk pejantan maupun betinanya....

salam gombel......
March 22, 2009

izzie said:

izzie
...
terimakasih pak adek....
March 01, 2009

izzie said:

izzie
...
kecambah atau vitamin e bagus tidak ya untuk pejantan?kalo iya kcambah apa?kedele atau kacang hijau? umur berapa sebaiknya anak ayam dipisahkan dengan induk?
March 01, 2009

dwi agus said:

dwi agus
...
cara biar kualitas telur dan gairah kawin bagus gmn??
January 17, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy