You are here: Home Artikel Seputar Ayam Laga Teknik Tarung Ayam Laga

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Dec
14
2008

Teknik Tarung Ayam Laga

( 666 Votes )

Ayam Laga mempunyai beberapa jenis teknik tarung yaitu:

  • Teknik Pukulan Satu. Ayam laga yang memiliki jurus ini fisiknya terkenal kuat, dadanya tegap, serta pundak dan lehernya tidak beruas.  Di arena adu ayam, ayam ini sering disebut berian atau di Thailand disebut mai li. Para petaruh jarang yang menjagokan ayam jenis ini, karena pukulan yang dikeluarkan hanya satu persatu.  Namun, ketika pukulan tersebut tepat mengenai lawannya, dapat dipastikan lawan tersebut akan kaget dan terpojok.  Teknik pukulan yang biasa dipakai adalah pukul depan dan pukul serong.

  • Teknik Pukulan Seri. Gaya bertarung pukulan seri ditandai oleh banyaknya pukulan yang terlontar dengan cepat tetapi terkarang kurang akurat.  Jika ayam tersebut berasal dari induk yang pernah menjadi jagoan kalangan, pukulannya sangat akurat sehingga tidak akan lama menghabisi lawan-lawannya.  Ayam laga dengan gaya bertarung seperti ini biasanya memiliki gerakan yang sangat lincah, dan lebih suka memukul lawannya dari arah depan.  Di Thailand ayam ini terkenal dengan nama mai dien.
  • Teknik Kunci Pukul. Gaya bertarung seperti ini sangat ditakuti dan sangat sulit dipukul oleh lawan karena mampu mengunci gerakan kepala dan leher lawan.  Caranya adalah menindih kepala dan leher lawan sehingga lawan mengalami kesulitan mencari kepala musuh. Di kalangan, ayam tipe ini disebut ngalungin.  Pukulan serong adalah senjata terbaiknya untuk memukul balik lawan.  Jika terkena pukulan ini, bagian atas leher dan kepala lawan bisa robek atau bengkak. Di Thailand, ayam aduan tipe ini disebut mai rau.
  • Teknik Pukulan Belakang. Gaya bertarung ayam ini termasuk unik, karena suka menyerang dan memukul lawannya dari arah belakang atau terkenal dengan istilah ngonde.  Selain terkenal sangat ampuh dan mematikan, pukulan dari belakang juga sulit diantisipasi lawan.  Ketika bertarung, ayam akan masuk dan mematuk kepala lawan, lalu dengan gerakan yang cepat memutar badan dan mematuk kepala lawan dari belakang.  Di Thailand, ayam aduan dengan gaya bertarung seperti ini disebut may deo.
  • Teknik Pukulan Teleh atau Janggut. Sebelum melontarkan pukulah teleh, ayam akan memainkan kepalanya di bawah leher lawan.  Setelah itu, dari bawah dagu lawan, ia melepaskan pukulan yang sangat keras.  Kekuatan pukulan tersebut menjadi dua kali lipat karena tenaga lawan yang bersiap untuk melakukan pukulan ikut tersedot sehingga bebannya menjadi dua kali lipat.  Di Thailand, ayam ini disebut mai u.
  • Teknik Ngoyor. Gaya bertarung tipe ini termasuk yang paling buruk, sebab musuh dapat dengan mudah memukul kepala yang sering berada di bawah.  Namun, jika posisi kepalanya sangat rendah, musuh akan mengalami kesulitan untuk melakukan pukulan.  Ayam dengan gaya bertarung tipe ini hanya memiliki senjata andalan berupa pukulan satu.  Jika tidak memiliki pukulan satu yang mematikan, ayam yang di Thailand disebut mai day do ini jarang diminati.

Salam kompak,

AyamLaga.COM
Portal & Komunitas Penggemar Ayam Laga Indonesia
Comments (17)add comment

Eriqi firdaus putra said:

Eriqi firdaus putra
...
ditempat saya gak kada musuhnya smilies/sad.gif punya bk sama burma tapi yg burma dibuat pecek an dan yg bk masih lancuran smilies/smiley.gif
salam kompakk Eriqi smilies/grin.gif
April 14, 2013

Tolip said:

Tolip
...
Bagi saya ayam yang memiiki kecepatan tinggi dalam pertarungan dan pukulan itulah trah ayam yang baik. Salam smilies/wink.gif
September 11, 2012

Eje Hikmat said:

Eje Hikmat
...
Yah, tergantung nasib jg sih.... saya pernah punya ayam asor atau berian, baru 5 menit udh ada yg berani nge lima. Airan ke 1 deg-degan habis, soalnya ayam trs dihajar dahsyat. Eh masuk menit ke 12 sekali pukul taji ayam ku masuk telak ke telinga ayam musuh. Dan itu berlangsung trs sampai pertarungan yg ke 5, musuh semua nya berakhir dengan luka ketusuk taji dikepala. Tp sayang cekak menyerang , sampai mati tuh ayam. Saya masih baru bergabung di situs ini, jd blm ada video yg bisa di upload. Salam kenal ya untuk semua nya......Gila ayam nya mahal-2 sekali.....ahahahahahah
March 06, 2012

andi p-teck said:

andi p-teck
...
salam knal jg aym aq juga abis klh ma aym lari pukul aym tehnik gmn yg bs menang msh aym itu
December 17, 2011

gamcanthoy said:

gamcanthoy
...
saya tau Bang unank gak bercanda kog, saya yakin para hobies pernah punya ayam serupa. kalau bentrok sama ayam bagus, sebentar selesai. tapi kalo sama ayam biasa, bedo alias draw hehehe..
September 07, 2009

alim said:

alim <YM alim_riant081>
...
heheee,,seep dah ayam yg teknik unik bang,,,smilies/smiley.gif
July 29, 2009

sayuti syah alam said:

komandan ayam
...
@bang unank: wah susahnya kalo ketemu ayam jual kue... bukan dibeli malah ikut jualan bang.... kekekekekek
July 23, 2009

Eko said:

Eko
...
wah cocoknya jual kesaya aja mas Unank
July 15, 2009

unank said:

unank
...
bang ayam saya punya tehnik unik ..dia slalu ngikutin tehnik lawan (ikut irama ) ..lalu nyari kelemahan lawan...trus di selesaiin deh tu lwn2 x ..." dalam tempo sesingkat 2 x " I LOVE MY CHIKEN...smilies/grin.gifsmilies/grin.gif
July 13, 2009

sayuti syah alam said:

komandan ayam
...
ya iyalah bang kalo kuenya kue tart sih ok juga tapi kalo kuenya kue subuh ... wah repot, kalo sy gak suka sm ayam ngoyor bang biar kata pukul bagus tetep aja sy buang, masalahnya kalo ketemu jalu ... sebentarkelar bang he he he...
May 21, 2009

Jono said:

Jono
...
Klo yg dimaksud "jual kue"adalah jenis ngoyor bang sayuti.
Ada kue yg murah&ada kue yg mahal
Klo yg murah,boleh makan gratis,klo yg mahal siap2 jantungan
Wakakakakakakakakaka
May 21, 2009

sayuti syah alam said:

komandan ayam
...
kalo ayam yang jual kue ngalahinnya siapin duit bang ... untuk beli kue nya he he he
May 20, 2009

achmad Hussein F said:

achmad Hussein F
...
kalo ayam dgn teknik 'jual kue' tapi kalo tiap mukul bahu.... kalo ayam musuh kena pukul 2 kali aja langsung roboh...
g mana/ ayam tehnik apa ya yang pantes ngalahinnya..?
April 25, 2009

nazal said:

nazal
...
Salam kenal bro adek harahap....
Maaf sebelumnya, artikel anda akan lebih baik lagi (lebih berbobot tentunya) bila anda juga mencantumkan sumber tulisannya (dari penulis aslinya).
Thanks....hidup ayamlaga.com ........
April 17, 2009

hari satria said:

hari satria
...
ada juga ayam yg abis mukul, lari2x ngiterin ring,kan pusing tu ktmu ayam model bgitu,,teknik tarung ayam kampung tapi tampilan bangkok,,,hehehe,jgn sampe de....
April 16, 2009

Fernando Mario said:

Fernando Mario
...
Teknik Kunci Pukul Juga kalo ketemu dengan yang Anti Lock Bisa Parah Om....
Soalnya Kemarin ayam andalan saya ketemu yg kayak gitu...
April 06, 2009

ferdi said:

john gultom
...
bang klo teknik ayam yang lari pukul dan teknik yang mukul ga pake megang (nemprang) itu gimana bang?

March 22, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy